1.)berikut ini merupakan faktor – faktor yang mempengaruhi pengangkutan air dan zat hara dari akar sampai ke daun,kecuali… A.daya isap daun… B.kapilaritas batang… C.kapilaritas akar… D.tekanan air

Pendahuluan dan Konteks

Dalam proses pembelajaran di sekolah, siswa sering dihadapkan pada berbagai materi pelajaran yang memerlukan pemahaman konsep-konsep dasar. Salah satu strategi untuk memahami materi tersebut adalah dengan memecahkan masalah yang diberikan. Artikel ini akan membahas sebuah contoh pertanyaan dan jawaban mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi pengangkutan air dan zat hara dari akar sampai ke daun pada tumbuhan.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami bagi pembaca dalam memahami faktor-faktor yang mempengaruhi pengangkutan air dan zat hara pada tumbuhan. Pembahasan akan menjelaskan secara rinci mengenai setiap faktor yang disebutkan dalam pertanyaan dan mengapa salah satu faktor tersebut tidak mempengaruhi proses tersebut.

Materi Dasar:

Pertanyaan:
Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi pengangkutan air dan zat hara dari akar sampai ke daun, kecuali…
A. Daya isap daun
B. Kapilaritas batang
C. Kapilaritas akar
D. Tekanan air

Jawaban:
Kecuali,
D. Tekanan air

Karena tekanan air tidak memiliki pengaruh dalam proses pengangkutan air dan zat hara dari akar sampai ke daun pada tumbuhan.

Penjelasan Jawaban:

Proses pengangkutan air dan zat hara pada tumbuhan dipengaruhi oleh beberapa faktor, termasuk daya isap daun, kapilaritas batang, dan kapilaritas akar. Daya isap daun mengacu pada kemampuan daun menarik air dari tanah ke dalam jaringan pembuluhnya. Kapilaritas batang merujuk pada kemampuan batang menyalurkan air dari akar ke daun melalui pembuluhnya. Kapilaritas akar mengacu pada kemampuan akar menyerap air dan zat hara dari tanah.

Namun, tekanan air tidak termasuk faktor yang mempengaruhi pengangkutan air dan zat hara pada tumbuhan. Tekanan air lebih berkaitan dengan fenomena fisika dalam fluida dan tidak memiliki peran langsung dalam proses pengangkutan pada tumbuhan.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya:

Pertanyaan 1:
Berikut ini merupakan faktor-faktor yang mempengaruhi fotosintesis pada tumbuhan, kecuali…
A. Intensitas cahaya matahari
B. Ketersediaan air
C. Kandungan karbon dioksida di udara
D. Tekanan udara

Jawaban 1:
Kecuali,
D. Tekanan udara

Karena tekanan udara tidak memiliki pengaruh langsung terhadap proses fotosintesis pada tumbuhan.

Pertanyaan 2:
Faktor apa yang tidak mempengaruhi pertumbuhan tumbuhan?
A. Nutrisi tanah
B. Intensitas cahaya
C. Suhu udara
D. Perubahan musim

Jawaban 2:
Kecuali,
D. Perubahan musim

Karena perubahan musim tidak memiliki pengaruh langsung terhadap pertumbuhan tumbuhan.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan memahami faktor-faktor yang mempengaruhi proses-proses vital pada tumbuhan, siswa dapat lebih memahami konsep-konsep dasar dalam biologi. Melalui pemecahan masalah seperti yang dilakukan dalam artikel ini, diharapkan siswa dapat mengembangkan pemahaman mereka tentang materi pelajaran dan menghadapi berbagai tantangan dalam proses pembelajaran dengan lebih percaya diri.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *