a=-6b=5c=-2hasil dari 2(3a) . b + c

Pendahuluan dan Konteks

Pemecahan masalah merupakan keterampilan yang sangat penting dalam setiap mata pelajaran di sekolah. Dari matematika hingga bahasa, siswa sering dihadapkan pada tantangan untuk memecahkan masalah dalam berbagai konteks pembelajaran. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana pemecahan masalah dapat diterapkan dalam pertanyaan matematika sederhana, salah satu materi dasar yang sering dihadapi oleh siswa.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari artikel ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dimengerti bagi siswa dalam memecahkan masalah matematika sederhana. Kita akan membahas contoh pertanyaan dan memberikan jawaban yang lengkap serta langkah-langkah pemecahan masalah yang mudah dipahami.

Materi Dasar:

Pertanyaan:
a = -6, b = 5, c = -2. Berapakah hasil dari 2(3a) . b + c?

Jawaban:
2(3a) . b + c
= 2(3.-6) . 5 + (-2)
= 2 . -18 . 5 + (-2)
= -36 . 5 + (-2)
= -180 + (-2)
= -182

Penjelasan Jawaban:

Dalam menjawab pertanyaan tersebut, langkah pertama adalah mengganti nilai variabel a, b, dan c sesuai dengan nilai yang telah diberikan. Kemudian, kita substitusi nilai-nilai tersebut ke dalam ekspresi yang diberikan, yaitu 2(3a) . b + c. Setelah itu, kita hitung hasil dari ekspresi tersebut dengan urutan operasi yang benar, yaitu perkalian terlebih dahulu kemudian penjumlahan. Dengan demikian, kita dapat menemukan bahwa hasil dari ekspresi tersebut adalah -182.

Contoh Pertanyaan dan Jawaban:

Pertanyaan 1:
Diketahui bahwa harga sebuah buku adalah Rp 50.000, kemudian buku tersebut mendapatkan diskon sebesar 20%. Berapakah harga buku setelah diskon?

Jawaban 1:
Harga setelah diskon = harga awal – (diskon x harga awal) = Rp 50.000 – (20% x Rp 50.000) = Rp 50.000 – Rp 10.000 = Rp 40.000.

Pertanyaan 2:
Seorang petani memiliki ladang seluas 2 hektar. Jika satu hektar sama dengan 10.000 meter persegi, berapakah luas total ladang petani tersebut dalam meter persegi?

Jawaban 2:
Luas total ladang = luas per hektar x jumlah hektar = 10.000 m²/hektar x 2 hektar = 20.000 meter persegi.

Kesimpulan dan Penutup

Pemecahan masalah merupakan keterampilan yang vital dalam pendidikan. Dengan pemahaman yang baik tentang konsep dasar dan langkah-langkah pemecahan masalah yang tepat, siswa dapat dengan mudah mengatasi berbagai tantangan dalam belajar. Artikel ini telah memberikan panduan dan contoh pemecahan masalah matematika sederhana, semoga dapat membantu siswa meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *