Badu hendak mengangkut 60 ton barang dari gudang ke tokonya. Untuk keperluan itu ia menyewa dua jenis truk, yaitu jenis I dengan kapasitas 3 ton dan jenis II dengan kapasitas 2 ton. Sewa setiuap truk jenis I adalah Rp.25.000,00 sekali jalan dan sewa setiap truk jenis II adalah Rp.20.000,00 sekali jalan. Dengan cara sewa demikian, ia diharuskan menyewa truk itu sekurang-kurangnya 24 buah.a). Berapakah banyak jenis truk I dan truk II yang harus disewa, agar biaya yang dikeluarkan sekecil-kecilnya?b). tentukan biaya minimum itu.

Pendahuluan dan Konteks:

Dalam proses pembelajaran di sekolah, siswa sering dihadapkan pada berbagai permasalahan matematika yang memerlukan pemecahan. Salah satu contoh permasalahan tersebut adalah mengenai pengaturan truk untuk mengangkut barang dengan biaya sewa yang minimal. Dalam artikel ini, kita akan membahas sebuah permasalahan mengenai pengaturan jenis truk yang harus disewa untuk mengangkut barang dengan biaya sewa yang sekecil mungkin.

Tujuan Pembahasan:

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami mengenai cara menyelesaikan permasalahan matematika yang melibatkan pemilihan jenis truk untuk mengangkut barang dengan biaya sewa yang minimal. Kita akan menjelaskan langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan permasalahan tersebut secara sistematis dan efisien.

Materi Dasar:

Pertanyaan:
Badu hendak mengangkut 60 ton barang dari gudang ke tokonya. Untuk keperluan itu ia menyewa dua jenis truk, yaitu jenis I dengan kapasitas 3 ton dan jenis II dengan kapasitas 2 ton. Sewa setiap truk jenis I adalah Rp.25.000,00 sekali jalan dan sewa setiap truk jenis II adalah Rp.20.000,00 sekali jalan. Dengan cara sewa demikian, ia diharuskan menyewa truk itu sekurang-kurangnya 24 buah.

Jawaban:
a) Kita tidak menyewa truk jenis II karena biaya yang dikeluarkan terlalu besar dibandingkan dengan menyewa truk jenis I. Jadi, jumlah truk jenis I yang harus disewa adalah 20 buah.
b) Biaya minimum yang harus dikeluarkan adalah Rp.500.000.

Penjelasan Jawaban:

a) Untuk menentukan jumlah truk yang harus disewa, kita mempertimbangkan kapasitas dan biaya sewa dari masing-masing truk. Diketahui bahwa truk jenis I memiliki kapasitas 3 ton dan biaya sewa Rp.25.000,00 sekali jalan, sedangkan truk jenis II memiliki kapasitas 2 ton dan biaya sewa Rp.20.000,00 sekali jalan. Karena kita ingin mengurangi biaya sewa sekecil mungkin, kita memilih untuk hanya menyewa truk jenis I. Dengan kapasitas 3 ton per truk, jumlah truk jenis I yang harus disewa adalah 60 ton (total barang yang akan diangkut) dibagi dengan kapasitas truk jenis I, yaitu 3 ton per truk, sehingga diperoleh jumlah truk jenis I yang harus disewa adalah 20 buah.

b) Setelah menentukan jumlah truk yang harus disewa, langkah selanjutnya adalah menghitung biaya sewa minimum yang harus dikeluarkan. Diketahui bahwa biaya sewa setiap truk jenis I adalah Rp.25.000,00 sekali jalan. Maka, biaya minimum yang harus dikeluarkan adalah jumlah truk jenis I yang harus disewa (20 buah) dikalikan dengan biaya sewa per truk jenis I (Rp.25.000,00), sehingga diperoleh biaya minimum sebesar Rp.500.000,00.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya:

  1. Pertanyaan:
    Seorang pengusaha hendak mengangkut 80 ton barang dari gudang ke toko miliknya. Jika ia hanya bisa menyewa truk jenis I dengan kapasitas 4 ton dan truk jenis II dengan kapasitas 3 ton, serta biaya sewa truk jenis I Rp.30.000,00 sekali jalan dan truk jenis II Rp.25.000,00 sekali jalan, berapa banyak truk jenis I dan II yang harus disewa agar biaya sewa minimum?

    Jawaban:
    Pengusaha tersebut harus menyewa 20 truk jenis I dan 0 truk jenis II agar biaya sewa minimum tercapai, dengan biaya minimum sebesar Rp.600.000,00.

  2. Pertanyaan:
    Seorang petani hendak mengangkut 50 ton hasil panen dari ladangnya ke pasar. Jika ia hanya bisa menyewa truk jenis I dengan kapasitas 5 ton dan truk jenis II dengan kapasitas 4 ton, serta biaya sewa truk jenis I Rp.35.000,00 sekali jalan dan truk jenis II Rp.30.000,00 sekali jalan, berapa banyak truk jenis I dan II yang harus disewa agar biaya sewa minimum?

    Jawaban:
    Petani tersebut harus menyewa 10 truk jenis I dan 0 truk jenis II agar biaya sewa minimum tercapai, dengan biaya minimum sebesar Rp.350.000,00.

Kesimpulan dan Penutup:

Pemahaman tentang pemecahan masalah matematika seperti yang dijelaskan dalam artikel ini sangat penting bagi siswa untuk mengembangkan kemampuan berpikir kritis dan analitis. Dengan memahami langkah-langkah untuk menyelesaikan permasalahan matematika secara sistematis, siswa dapat menghadapi berbagai tantangan dengan lebih percaya diri.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *