bagaimana cara cepat menentukan rumus persilangan ?  

Pendahuluan dan Konteks

Dalam proses pembelajaran di sekolah, siswa sering dihadapkan pada tantangan dalam memahami konsep-konsep baru, termasuk dalam bidang ilmu genetika. Salah satu konsep yang sering menjadi kendala adalah rumus persilangan dalam pewarisan sifat. Rumus persilangan digunakan untuk menentukan peluang keturunan yang akan memiliki sifat-sifat tertentu berdasarkan gen yang diwariskan oleh kedua induk. Namun, pemahaman terhadap rumus ini seringkali menjadi rumit bagi siswa.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara cepat menentukan rumus persilangan dalam genetika. Materi dasar yang akan dibahas adalah bagaimana menentukan rumus persilangan dengan cepat dan efisien, serta cara mengaplikasikannya untuk menemukan peluang keturunan dengan sifat-sifat tertentu.

Materi Dasar

Pertanyaan:
Bagaimana cara cepat menentukan rumus persilangan?

Jawaban:
Caranya adalah sebagai berikut:

  1. Tuliskan kemungkinan gamet yang dibentuk oleh salah satu induk. Ingat bahwa kedua induknya sama, jadi cukup tuliskan salah satu.
  2. Hitung jumlah alel yang heterozigot pada gamet yang ditulis. Rumus untuk mencari jumlah gamet adalah 2n2^n, di mana nn adalah jumlah alel yang heterozigot.
  3. Berdasarkan gamet yang telah ditulis, tuliskan langsung fenotipnya berdasarkan sifat fenotip yang dikendalikan oleh gen yang bersangkutan.
  4. Tuliskan masing-masing jumlah total keturunan pada tiap jenis fenotipnya.

Contoh Materi:

Pertanyaan:
Bagaimana rumus persilangan untuk menentukan peluang keturunan bunga merah (RRRR) dan bunga putih (rrrr)?

Jawaban:

  1. Tuliskan kemungkinan gamet yang dibentuk oleh salah satu induk. Jika induknya homozigot dominan (RRRR), maka kemungkinan gamet adalah RR. Jika induknya homozigot resesif (rrrr), maka kemungkinan gamet adalah rr.
  2. Hitung jumlah alel yang heterozigot pada gamet yang ditulis. Karena kedua induknya homozigot (RRRR dan rrrr), maka tidak ada alel yang heterozigot (n=0n = 0).
  3. Berdasarkan gamet yang telah ditulis, kita tahu bahwa fenotip bunga merah (RR) dan bunga putih (rr).
  4. Jumlah total keturunan bunga merah (RRRR) dan bunga putih (rrrr) adalah 100%.

Pertanyaan:
Bagaimana rumus persilangan untuk menentukan peluang keturunan burung berkaki panjang (LLLL), burung berkaki pendek (llll), dan burung berkaki sedang (LlLl)?

Jawaban:

  1. Tuliskan kemungkinan gamet yang dibentuk oleh salah satu induk. Jika induknya heterozigot (LlLl), maka kemungkinan gamet adalah LL dan ll.
  2. Hitung jumlah alel yang heterozigot pada gamet yang ditulis. Karena induknya heterozigot (LlLl), maka ada satu alel yang heterozigot (n=1n = 1).
  3. Berdasarkan gamet yang telah ditulis, kita tahu bahwa fenotip burung berkaki panjang (LL), burung berkaki pendek (ll), dan burung berkaki sedang (LlLl).
  4. Jumlah total keturunan burung berkaki panjang (LLLL), burung berkaki pendek (llll), dan burung berkaki sedang (LlLl) sesuai dengan perbandingan fenotip yang dihasilkan dari persilangan.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan memahami langkah-langkah yang sederhana dalam menentukan rumus persilangan, siswa dapat lebih mudah memecahkan masalah-masalah genetika yang berkaitan dengan pewarisan sifat. Dengan latihan yang teratur dan pemahaman yang mendalam, siswa dapat mengatasi kesulitan dalam memahami konsep ini dengan lebih baik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *