berapakah frekuensi resonansi sebuah rangkaian R-L-C seri bila R=80 ohm, L= 1H, C=1μF yang dihubungkan dengan tegangan bolak-balik adalah …

Pendahuluan dan Konteks

Pemecahan masalah adalah kunci dalam pembelajaran di sekolah, terutama dalam memahami konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran. Salah satu materi dasar yang sering dihadapi siswa adalah rangkaian R-L-C seri dalam konteks fisika. Dalam artikel ini, kita akan membahas pertanyaan dan jawaban terkait dengan konsep frekuensi resonansi pada rangkaian R-L-C seri.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan penjelasan yang jelas dan mudah dipahami tentang konsep frekuensi resonansi pada rangkaian R-L-C seri. Pembahasan akan meliputi rumus-rumus yang diperlukan serta langkah-langkah untuk mendapatkan jawaban yang benar.

Materi Dasar

Pertanyaan:
Berapakah frekuensi resonansi sebuah rangkaian R-L-C seri bila R=80R = 80 ohm, L=1L = 1 H, C=1μC = 1 \muF yang dihubungkan dengan tegangan bolak-balik adalah …

Jawaban:
Frekuensi resonansi sebuah rangkaian RLC seri adalah 500π\frac{500}{\pi} Hz.

Pembahasan:

Resonansi pada rangkaian RLC terjadi saat impedansi induktif (XLX_L) sama dengan impedansi kapasitif (XCX_C). Berdasarkan rumus-rumus dasar, kita bisa mendapatkan nilai omega (ω\omega) yang merupakan kecepatan sudut.

Diketahui:

  • R=80R = 80 Ω
  • L=1L = 1 H
  • C=1C = 1 μF = 10610^{-6} F

Maka:

ω=1L×C=11×106=103rad/s\omega = \sqrt{\frac{1}{L \times C}} = \sqrt{\frac{1}{1 \times 10^{-6}}} = 10^3 \, \text{rad/s}

ω=2πf\omega = 2 \pi f

103=2×π×f10^3 = 2 \times \pi \times f

f=1.0002πf = \frac{1.000}{2\pi}

f=500πHzf = \frac{500}{\pi} \, \text{Hz}

Kesimpulan dan Penutup

Dengan memahami konsep frekuensi resonansi pada rangkaian RLC seri, siswa dapat dengan lebih baik memahami bagaimana parameter-parameter seperti resistansi, induktansi, dan kapasitansi berpengaruh terhadap karakteristik sebuah rangkaian listrik. Memahami konsep ini akan membantu siswa dalam memecahkan berbagai masalah fisika yang melibatkan rangkaian listrik secara lebih efektif.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *