besarnya usaha untuk menggerakkan mobil ( massa mobil dan isinya 1000 kg) dari keadaan dim hingga mencapai kecepatan 72 km/jam adalah ( gesekan diabaikan ) ?

Pendahuluan dan Konteks:

Dalam proses pembelajaran di sekolah, pemahaman tentang konsep fisika menjadi sangat penting, terutama dalam memahami bagaimana berbagai kekuatan bekerja dalam konteks sehari-hari. Salah satu konsep yang sering diajarkan adalah usaha atau kerja yang diperlukan untuk menggerakkan suatu objek. Artikel ini akan membahas pertanyaan dan jawaban terkait dengan perhitungan usaha untuk menggerakkan mobil dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan tertentu, dengan mempertimbangkan massa mobil dan gesekan yang diabaikan.

Tujuan Pembahasan:

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami dalam menghitung besarnya usaha yang diperlukan untuk menggerakkan mobil. Pembahasan akan mencakup langkah-langkah perhitungan yang tepat dan penjelasan singkat mengenai konsep yang terlibat.

Pembahasan Materi Dasar:

Pertanyaan:
Berapakah besarnya usaha untuk menggerakkan mobil (massa mobil dan isinya 1000 kg) dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan 72 km/jam, dengan mengabaikan gesekan?

Jawaban:
Diberikan:

  • Massa mobil (m) = 1000 kg
  • Kecepatan (v) = 72 km/jam = 20 m/s
  • Percepatan (a) = ?

Ditanyakan: Besarnya usaha (W)

Langkah-langkah perhitungan:

  1. Menghitung percepatan (a) menggunakan rumus v = at:
    v=atv = at
    20=a×5020 = a \times 50
    a=2050=0.4m/s2a = \frac{20}{50} = 0.4 \, m/s^2

  2. Menggunakan rumus usaha W=F×sW = F \times s, namun karena gesekan diabaikan, maka F=maF = ma:
    F=ma=1000×0.4=400NF = ma = 1000 \times 0.4 = 400 \, N

  3. Kemudian, usaha dapat dihitung dengan rumus W=F×sW = F \times s, di mana ss adalah jarak yang ditempuh:
    W=F×s=400×50=20000JW = F \times s = 400 \times 50 = 20000 \, J

Jadi, besarnya usaha yang diperlukan untuk menggerakkan mobil tersebut adalah 20000 joule.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya:

  1. Pertanyaan:
    “Berapakah usaha yang diperlukan untuk menggerakkan mobil (massa 1200 kg) dari keadaan diam hingga mencapai kecepatan 36 km/jam?”

    Jawaban:
    Langkah-langkah perhitungan akan serupa dengan contoh sebelumnya, namun dengan menggunakan data yang berbeda.

  2. Pertanyaan:
    “Hitunglah usaha yang dibutuhkan untuk mengangkat beban (massa 500 kg) ke ketinggian 10 meter, dengan mengabaikan gesekan.”

    Jawaban:
    Pertanyaan ini melibatkan konsep usaha dalam mengangkat benda ke atas, sehingga rumus yang digunakan akan berbeda namun prinsip perhitungannya tetap sama.

Kesimpulan dan Penutup:

Dengan memahami konsep dasar tentang usaha dan penerapannya dalam situasi tertentu, siswa dapat dengan lebih baik memahami bagaimana berbagai kekuatan bekerja dalam kehidupan sehari-hari. Pembahasan yang jelas dan panduan yang diberikan dalam artikel ini diharapkan dapat membantu siswa memahami konsep tersebut dengan lebih baik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *