bu mira mempunyai 1kaleng penuh berisi beras. kaleng berbentuk tabung dengan diameter 28cm dan tinggi 60 cm. setiap hari bu mira memasak nasi dengan mengambil 2 cangkir beras. jika cangkir berbentuk tabung dengan diameter 14cm dan tinggi 8 cm maka persedian beras akan habis dalam waktu…. hari

Pendahuluan dan Konteks

Dalam proses pembelajaran di sekolah, siswa sering dihadapkan pada berbagai masalah matematika yang melibatkan konsep dasar seperti perhitungan volume dan luas. Salah satu contoh masalah tersebut adalah perhitungan persediaan bahan makanan, seperti beras, dalam sebuah wadah. Artikel ini akan membahas sebuah masalah matematika sederhana yang melibatkan perhitungan waktu habisnya persediaan beras dalam sebuah kaleng, dengan menggunakan konsep volume dan perbandingan.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami bagi siswa dalam menyelesaikan masalah matematika sehari-hari yang melibatkan perhitungan volume dan waktu. Artikel ini akan menjelaskan langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk menghitung waktu habisnya persediaan beras dalam sebuah kaleng, dengan menggunakan konsep volume dan perbandingan antara volume beras yang diambil setiap hari dengan volume total kaleng.

Materi Dasar

Pertanyaan: Berapa waktu yang diperlukan agar persediaan beras dalam sebuah kaleng habis jika setiap hari diambil 2 cangkir beras, sedangkan kaleng tersebut memiliki volume tertentu?

Jawaban:

Langkah pertama adalah menghitung volume kaleng dan volume cangkir yang digunakan untuk mengambil beras setiap hari.

  1. Volume Kaleng:
    Volume=πr2t\text{Volume} = \pi r^2 t
    =227×14×14×60= \frac{22}{7} \times 14 \times 14 \times 60
    =36.960 cm3= 36.960 \ \text{cm}^3

  2. Volume Cangkir:
    Volume=πr2t\text{Volume} = \pi r^2 t
    =227×7×7×8= \frac{22}{7} \times 7 \times 7 \times 8
    =1.232 cm3= 1.232 \ \text{cm}^3

  3. Volume Cangkir yang Diambil Setiap Hari:
    =2×1.232= 2 \times 1.232
    =2.464 cm3= 2.464 \ \text{cm}^3

  4. Waktu Habis Persediaan:
    Waktu=Volume KalengVolume Cangkir yang Diambil Setiap Hari\text{Waktu} = \frac{\text{Volume Kaleng}}{\text{Volume Cangkir yang Diambil Setiap Hari}}
    =36.9602.464= \frac{36.960}{2.464}
    =15 hari= 15 \ \text{hari}

Jadi, persediaan beras dalam kaleng akan habis dalam waktu 15 hari.

Contoh 1:
Pertanyaan: Seorang ibu memiliki kaleng berisi minyak dengan diameter 20 cm dan tinggi 30 cm. Jika setiap hari ia menggunakan 3 sendok minyak, berapa lama persediaan minyak tersebut akan habis?
Jawaban: Lakukan perhitungan serupa seperti yang dilakukan pada kasus persediaan beras untuk menentukan waktu habisnya minyak.

Contoh 2:
Pertanyaan: Sebuah wadah berbentuk silinder memiliki diameter 10 cm dan tinggi 15 cm. Jika setiap hari sejumlah 4 cangkir air diambil dari wadah tersebut, berapa lama wadah tersebut akan kosong?
Jawaban: Terapkan langkah-langkah yang sama untuk menghitung waktu habisnya air dalam wadah tersebut.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan demikian, artikel ini memberikan pemahaman tentang cara menyelesaikan masalah matematika sederhana yang melibatkan perhitungan waktu habisnya persediaan bahan makanan dalam sebuah wadah. Dengan menggunakan konsep volume dan perbandingan, siswa dapat dengan mudah menyelesaikan masalah sehari-hari yang melibatkan perhitungan kuantitas dan waktu.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *