dalam sebuah kandang terdapat 120 ekor hewan terdiri dari ayam dan kambing. jika jumlah seluruh kaki ayam dan kambing ada 310, maka banyak kambing dalam kandangtersebut adalah…

Pendahuluan dan Konteks

Dalam pembelajaran di sekolah, siswa sering dihadapkan pada berbagai masalah matematika yang memerlukan pemecahan. Salah satu materi dasar yang sering diajarkan adalah pemecahan masalah tentang jumlah dan jenis hewan di suatu kandang. Dalam kasus ini, siswa harus mampu menggunakan konsep aljabar untuk menemukan jumlah hewan tertentu berdasarkan informasi tentang jumlah total hewan dan jumlah total kaki yang ada di kandang.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas tentang cara menyelesaikan masalah yang melibatkan jumlah dan jenis hewan di suatu kandang dengan menggunakan konsep aljabar.

Materi Dasar

Pertanyaan: Dalam sebuah kandang terdapat 120 ekor hewan terdiri dari ayam dan kambing. Jika jumlah seluruh kaki ayam dan kambing ada 310, maka berapakah banyak kambing dalam kandang tersebut?

Jawaban:

Langkah 1: Tentukan variabel untuk mewakili jumlah ayam dan kambing.

  • Misalkan a = jumlah ayam
  • Misalkan k = jumlah kambing

Langkah 2: Buat persamaan berdasarkan informasi yang diberikan.

  • Kita memiliki dua persamaan:
    1. a + k = 120 (karena total hewan adalah 120)
    2. 2a + 4k = 310 (karena total kaki hewan adalah 310, di mana ayam memiliki 2 kaki dan kambing memiliki 4 kaki)

Langkah 3: Selesaikan sistem persamaan tersebut.

  • Dengan mengurangi persamaan pertama dari dua kali persamaan kedua, kita dapat menemukan nilai kambing (k).
    (2a – 2a) = 0
    (2k – 4k) = -2k
    (240 – 310) = -70
  • Sehingga, -2k = -70
  • Selanjutnya, k = -70 / -2 = 35 kambing

Penjelasan Jawaban:

Dalam kandang tersebut, terdapat 35 kambing berdasarkan perhitungan aljabar yang telah dilakukan. Langkah-langkah tersebut menunjukkan bagaimana konsep aljabar digunakan untuk menyelesaikan masalah yang melibatkan jumlah dan jenis hewan di suatu kandang.

Contoh 1:
Pertanyaan: Dalam sebuah kandang terdapat 80 ekor hewan terdiri dari kucing dan kelinci. Jika jumlah seluruh kaki kucing dan kelinci adalah 240, maka berapakah banyak kelinci dalam kandang tersebut?
Jawaban: Terdapat 40 kelinci dalam kandang tersebut.

Contoh 2:
Pertanyaan: Dalam sebuah kandang terdapat 200 ekor hewan terdiri dari bebek dan ayam. Jika jumlah seluruh kaki bebek dan ayam adalah 580, maka berapakah banyak bebek dalam kandang tersebut?
Jawaban: Terdapat 170 bebek dalam kandang tersebut.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan menggunakan konsep aljabar, siswa dapat dengan mudah menyelesaikan masalah yang melibatkan jumlah dan jenis hewan di suatu kandang. Langkah-langkah yang telah dijelaskan memberikan panduan yang jelas tentang bagaimana menggunakan aljabar untuk menemukan solusi dari masalah semacam ini.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *