dalam suatu kelas yang berisi 40 siswa, diketahui 23 siswa suka membaca komik, 15 siswa suka membaca novel, dan 10 siswa suka membaca keduanya, peluang terpilih siswa yang suka membaca komik atau novel adalah… a.3/10 b.19/20 c.1/4 d.7/10 e.1/5 

Pendahuluan dan Konteks

Dalam proses pembelajaran di sekolah, pemecahan masalah merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dimiliki oleh siswa di semua mata pelajaran. Salah satu konsep yang seringkali menjadi fokus dalam pemecahan masalah adalah peluang. Dalam konteks ini, kita akan membahas bagaimana siswa dapat memahami dan mengaplikasikan konsep peluang dalam memecahkan masalah, seperti yang terjadi dalam soal matematika.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami bagi siswa dalam memahami dan menyelesaikan soal peluang. Dengan memahami konsep tersebut, diharapkan siswa dapat menghadapi berbagai permasalahan yang melibatkan peluang dengan lebih percaya diri dan efektif.

Materi Dasar: Pertanyaan dan Jawaban

Pertanyaan:

Dalam suatu kelas yang berisi 40 siswa, diketahui 23 siswa suka membaca komik, 15 siswa suka membaca novel, dan 10 siswa suka membaca keduanya, peluang terpilih siswa yang suka membaca komik atau novel adalah…

Jawaban:

Dalam menyelesaikan soal peluang, kita perlu memahami konsep dasar tentang peluang dan menggunakan rumus yang tepat. Dalam konteks ini, peluang terpilih siswa yang suka membaca komik atau novel dapat dihitung dengan rumus peluang:

P=n(AB)n(S)P = \frac{n(A \cup B)}{n(S)}

Di mana:

  • n(A)n(A) adalah jumlah siswa yang suka membaca komik,
  • n(B)n(B) adalah jumlah siswa yang suka membaca novel,
  • n(AB)n(A \cap B) adalah jumlah siswa yang suka membaca komik dan novel,
  • n(S)n(S) adalah jumlah total siswa.

Dengan menggunakan data yang diberikan, kita dapat menghitung peluang terpilih siswa yang suka membaca komik atau novel.

Pembahasan

Diketahui:

  • n(S)=40n(S) = 40 (jumlah total siswa)
  • n(A)=23n(A) = 23 (jumlah siswa yang suka membaca komik)
  • n(B)=15n(B) = 15 (jumlah siswa yang suka membaca novel)
  • n(AB)=10n(A \cap B) = 10 (jumlah siswa yang suka membaca komik dan novel)

Ditanya:
Peluang terpilih siswa yang suka membaca komik atau novel adalah …

Jawab:
Dengan mengganti nilai-nilai yang diberikan ke dalam rumus peluang, kita dapat menghitung peluangnya:

P=n(AB)n(S)=n(A)+n(B)n(AB)n(S)P = \frac{n(A \cup B)}{n(S)} = \frac{n(A) + n(B) – n(A \cap B)}{n(S)}

P=23+151040=2840=710P = \frac{23 + 15 – 10}{40} = \frac{28}{40} = \frac{7}{10}

Jadi, peluang terpilih siswa yang suka membaca komik atau novel adalah 710\frac{7}{10}.

Detail Jawaban

  • Kelas: 9
  • Mapel: Matematika
  • Kategori: Peluang
  • Kode: 9.2.7
  • Kata Kunci: Peluang

Contoh Materi Lainnya:

  1. Pertanyaan: Sebuah dadu dikeluarkan. Apa peluangnya untuk mendapatkan angka ganjil?
    Jawaban: Dalam dadu, terdapat 6 sisi, dengan 3 sisi menampilkan angka ganjil (1, 3, 5). Jadi, peluangnya adalah 36=12\frac{3}{6} = \frac{1}{2}.

  2. Pertanyaan: Sebuah kartu diambil secara acak dari setumpuk kartu standar (52 kartu). Apa peluangnya untuk mendapatkan kartu hati atau kartu wajik?
    Jawaban: Ada 26 kartu hati dan 13 kartu wajik dalam setumpuk kartu standar. Jadi, peluangnya adalah 26+1352=3952=34\frac{26 + 13}{52} = \frac{39}{52} = \frac{3}{4}.

Kesimpulan dan Penutup

Pemecahan masalah dalam matematika, seperti soal peluang, membutuhkan pemahaman yang kuat terhadap konsep dasar dan penerapan rumus yang tepat. Dengan memahami konsep peluang dan cara menghitungnya, siswa dapat menghadapi soal-soal matematika dengan lebih percaya diri dan efektif. Semoga pembahasan ini membantu siswa dalam memahami dan menguasai konsep peluang dengan baik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *