dalam suatu kelompok terdapat 50 orang peserta didik yang tercatat tentang kegemarannya. 25 orang gemar poli, 22 orang gemar sepak bola dan 3 orang tidak gemar kedua-duanya.a. berapa siswa yang gemar kedua-duanya ?b. berapa orang yang gemar sepak bola ?

Pendahuluan dan Konteks

Pemecahan masalah merupakan keterampilan penting yang diajarkan di sekolah dalam berbagai mata pelajaran. Dari matematika hingga ilmu sosial, siswa diberi latihan untuk memecahkan masalah dengan menggunakan berbagai konsep dan strategi. Dalam artikel ini, kami akan membahas tentang pemecahan masalah dalam konteks matematika, khususnya dalam menyelesaikan pertanyaan yang melibatkan pemahaman konsep himpunan.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami untuk menyelesaikan pertanyaan tentang pemecahan masalah dalam himpunan. Dengan menjelaskan langkah-langkah dengan rinci, pembaca diharapkan dapat memahami cara menyelesaikan pertanyaan dan konsep yang terlibat.

Materi Dasar

Pertanyaan:
Dalam suatu kelompok terdapat 50 orang peserta didik yang tercatat tentang kegemarannya. 25 orang gemar poli, 22 orang gemar sepak bola, dan 3 orang tidak gemar kedua-duanya.
a. Berapa siswa yang gemar kedua-duanya?
b. Berapa orang yang gemar sepak bola?

Jawaban:

  1. Siswa yang gemar kedua-duanya adalah 0.
  2. Siswa yang gemar sepak bola adalah 22 orang.

Penjelasan Jawaban:
a. Untuk mengetahui jumlah siswa yang gemar kedua-duanya, kita bisa menggunakan prinsip himpunan. Kita memiliki informasi bahwa ada 25 orang yang gemar poli, 22 orang yang gemar sepak bola, dan 3 orang yang tidak gemar kedua-duanya. Karena tidak ada informasi yang menyatakan jumlah siswa yang gemar kedua-duanya, maka jumlahnya adalah 0.

b. Jumlah orang yang gemar sepak bola sudah disebutkan dalam pertanyaan, yaitu sebanyak 22 orang.

Contoh 1:
Pertanyaan: Dalam sebuah kelas terdapat 30 siswa yang mengambil mata pelajaran Matematika, 25 siswa mengambil mata pelajaran Bahasa Inggris, dan 10 siswa mengambil keduanya. Berapa siswa yang hanya mengambil mata pelajaran Matematika?
Jawaban: Siswa yang hanya mengambil mata pelajaran Matematika dapat dihitung dengan menggunakan informasi bahwa ada 30 siswa yang mengambil Matematika dan 10 siswa mengambil keduanya. Jadi, jumlah siswa yang hanya mengambil Matematika adalah 30 – 10 = 20 siswa.

Contoh 2:
Pertanyaan: Sebuah toko buku memiliki 50 buah buku fiksi, 40 buah buku nonfiksi, dan 15 buah buku yang termasuk ke dalam kedua kategori. Berapa buah buku fiksi yang dimiliki oleh toko tersebut?
Jawaban: Jumlah buku fiksi yang dimiliki oleh toko dapat dihitung dengan mengurangi jumlah buku yang termasuk ke dalam kategori keduanya dari total buku fiksi. Jadi, jumlah buku fiksi yang dimiliki oleh toko adalah 50 – 15 = 35 buku.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan memahami konsep himpunan dan menggunakan prinsip pemecahan masalah, kita dapat dengan mudah menyelesaikan pertanyaan yang melibatkan informasi tentang himpunan atau kelompok. Melalui latihan dan pemahaman yang baik, siswa dapat mengembangkan keterampilan pemecahan masalah mereka di berbagai bidang.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *