Diketahui dua lingkaran memiliki jari-jari masing-masing 7 cm dan 2 cm. Jika jarak kedua pusat lingkaran itu 6 cm maka kedudukan dua lingkaran tersebut adalah ….

Pendahuluan dan Konteks

Dalam pembelajaran di sekolah, seringkali siswa dihadapkan pada permasalahan yang memerlukan pemahaman yang mendalam terhadap materi pelajaran. Salah satu bidang yang seringkali menimbulkan tantangan adalah matematika, terutama dalam pemecahan masalah yang melibatkan lingkaran. Artikel ini akan membahas cara memecahkan masalah tentang kedudukan dua lingkaran yang memiliki jari-jari dan jarak pusat yang diketahui.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara menentukan kedudukan dua lingkaran berdasarkan jari-jari dan jarak pusat yang diketahui. Dengan pemahaman yang baik tentang langkah-langkah penyelesaian masalah ini, diharapkan pembaca dapat mengatasi kesulitan dalam memahami dan menyelesaikan soal-soal yang berkaitan dengan lingkaran.

Panduan dan Penjelasan

Dalam soal ini, dua lingkaran memiliki jari-jari masing-masing 7 cm dan 2 cm, serta jarak antar pusat lingkaran sebesar 6 cm. Berikut adalah langkah-langkah untuk menentukan kedudukan kedua lingkaran tersebut:

  1. Perhitungan Selisih dan Jumlah Jari-jari: Hitung selisih dan jumlah jari-jari kedua lingkaran. Selisih jari-jari dapat digunakan untuk menentukan apakah kedua lingkaran berpotongan di dua titik berbeda atau tidak.

  2. Penentuan Kedudukan: Berdasarkan selisih dan jumlah jari-jari, serta jarak antar pusat lingkaran, tentukan kedudukan kedua lingkaran. Kedudukan tersebut dapat berupa berpotongan di dua titik berbeda, bersinggungan di dalam, atau bersinggungan di luar.

Dalam contoh ini, kedua lingkaran tersebut berpotongan di dua titik berbeda karena jarak antar pusat lingkaran berada di antara selisih dan jumlah jari-jari keduanya.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya:

Pertanyaan 1:
Tentukan kedudukan dua lingkaran yang memiliki jari-jari masing-masing 4 cm dan 3 cm, serta jarak pusat kedua lingkaran sebesar 5 cm!

Jawaban 1:
Dengan selisih jari-jari 1 cm dan jumlah jari-jari 7 cm, serta jarak pusat 5 cm, kedua lingkaran tersebut bersinggungan di dalam.

Pertanyaan 2:
Bagaimana menentukan kedudukan dua lingkaran yang memiliki jari-jari masing-masing 6 cm dan 8 cm, serta jarak pusat kedua lingkaran sebesar 14 cm?

Jawaban 2:
Dengan selisih jari-jari 2 cm dan jumlah jari-jari 14 cm, serta jarak pusat 14 cm, kedua lingkaran tersebut bersinggungan di luar.

Kesimpulan dan Penutup

Memahami dan menyelesaikan soal tentang kedudukan dua lingkaran merupakan salah satu keterampilan yang penting dalam pembelajaran matematika. Dengan mengikuti langkah-langkah yang tepat, siswa dapat lebih mudah memahami dan menyelesaikan berbagai masalah yang berkaitan dengan lingkaran. Semoga artikel ini memberikan pemahaman yang lebih baik tentang cara memecahkan masalah tersebut.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *