Diketahui Kf air = 1,86; Ar H = 1, C = 12, dan O = 16. Titik beku air dalam radiator mobil yang berisi cairan dengan perbandingan 62 g etilena glikol, HOCH2CH2OH, dalam 500 g air adalah?

Pendahuluan dan Konteks

Dalam proses pembelajaran di sekolah, siswa sering kali dihadapkan pada berbagai masalah dalam pelajaran-pelajaran yang mereka pelajari. Salah satu pelajaran yang memerlukan pemecahan masalah yang cukup mendalam adalah kimia, terutama dalam memahami konsep-konsep seperti sifat koligatif larutan. Artikel ini akan membahas bagaimana menyelesaikan masalah terkait penurunan titik beku larutan, salah satu konsep dalam sifat koligatif larutan.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara menyelesaikan masalah terkait penurunan titik beku larutan. Pembaca akan dipandu langkah demi langkah untuk memahami bagaimana menggunakan konsep sifat koligatif untuk menyelesaikan masalah seperti ini.

Panduan dan Penjelasan

Dalam soal ini, kita diminta untuk menentukan titik beku larutan yang dihasilkan dari campuran etilena glikol dan air yang digunakan dalam radiator mobil.

a) Perhitungan Mol Etilena Glikol: Langkah pertama adalah menghitung jumlah mol etilena glikol dengan membagi massa etilena glikol dengan massa molarnya.

b) Perhitungan Molalitas: Selanjutnya, kita menghitung molalitas larutan dengan membagi jumlah mol etilena glikol dengan massa pelarut (air) dalam kilogram.

c) Penurunan Titik Beku Larutan: Kita menggunakan rumus penurunan titik beku larutan (ΔTf=mKf\Delta Tf = m \cdot Kf), di mana mm adalah molalitas larutan dan KfKf adalah tetapan penurunan titik beku air.

d) Perhitungan Titik Beku Larutan: Titik beku larutan adalah perbedaan antara titik beku pelarut (air) dan penurunan titik beku larutan.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya:

Pertanyaan 1:
Diketahui Kf air = 1,86; Ar H = 1, C = 12, dan O = 16. Titik beku air dalam radiator mobil yang berisi cairan dengan perbandingan 70 g etilena glikol, HOCH2CH2OH, dalam 500 g air adalah?

Jawaban 1:
Langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah ini sama seperti yang dijelaskan di atas, namun dengan mengganti nilai massa etilena glikol yang diberikan.

Pertanyaan 2:
Diketahui Kf air = 1,86; Ar H = 1, C = 12, dan O = 16. Titik beku air dalam radiator mobil yang berisi cairan dengan perbandingan 80 g etilena glikol, HOCH2CH2OH, dalam 600 g air adalah?

Jawaban 2:
Langkah-langkah untuk menyelesaikan masalah ini sama seperti yang dijelaskan di atas, namun dengan mengganti nilai massa etilena glikol yang diberikan.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan pemahaman yang tepat tentang konsep sifat koligatif larutan, siswa dapat dengan mudah menyelesaikan masalah terkait penurunan titik beku larutan. Penting bagi siswa untuk memahami langkah-langkah yang diperlukan dalam menyelesaikan masalah semacam ini untuk menguasai konsep-konsep kimia yang lebih lanjut. Semoga artikel ini membantu pembaca memahami cara menyelesaikan masalah fisika terkait hukum gas dengan lebih baik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *