kecepatan awal sebuah mobil memiliki pengereman sempurna adalah 60 km/jam. jika pengeremennya dilakukan maka mobil akan berhenti dalam 2 detik. tentukan perlambatannya

Pendahuluan dan Konteks

Artikel ini akan membahas tentang pemecahan masalah dalam semua pelajaran di sekolah, dengan fokus pada pertanyaan dan jawaban. Bagian ini juga akan membahas bagian pertanyaan dalam materi dasar sebagai langkah awal dalam menyelesaikan masalah.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami dalam menjawab pertanyaan-pertanyaan materi dasar. Kami akan memberikan penjelasan yang lengkap tentang konsep dasar yang berkaitan dengan pertanyaan, serta memberikan jawaban yang tepat.

Pertanyaan dan Jawaban Materi Dasar

Pertanyaan:

Kecepatan awal sebuah mobil memiliki pengereman sempurna adalah 60 km/jam. Jika pengeremennya dilakukan maka mobil akan berhenti dalam 2 detik. Tentukan perlambatannya.

Jawaban:

Vt=V0atV_t = V_0 – a \cdot t

0=16.7a20 = 16.7 – a \cdot 2

a=33.4a = -33.4

Penjelasan Jawaban:

Dalam pertanyaan ini, kita diminta untuk menentukan percepatan aa mobil yang mengalami pengereman. Kita menggunakan persamaan gerak lurus beraturan, Vt=V0atV_t = V_0 – a \cdot t, di mana VtV_t adalah kecepatan akhir, V0V_0 adalah kecepatan awal, aa adalah percepatan, dan tt adalah waktu. Diketahui bahwa kecepatan akhir (VtV_t) adalah 0 karena mobil berhenti, kecepatan awal (V0V_0) adalah 60 km/jam, dan waktu (tt) adalah 2 detik. Substitusi nilai-nilai tersebut ke dalam persamaan akan memberikan nilai percepatan (aa), yang dalam kasus ini adalah -33.4 km/jam^2 karena mobil mengalami perlambatan.

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Lainnya:

Pertanyaan 1:
Sebuah benda dilemparkan ke atas dengan kecepatan awal 20 m/s. Jika percepatan gravitasi adalah 10 m/s², berapa lama benda tersebut mencapai titik tertinggi?

Jawaban 1:
t=VfV0a=02010=2t = \frac{V_f – V_0}{a} = \frac{0 – 20}{-10} = 2 detik

Pertanyaan 2:
Seorang pelari memulai lomba dari keadaan diam dan mencapai kecepatan akhir 10 m/s dalam 5 detik. Berapa besar percepatan pelari tersebut?

Jawaban 2:
a=VfV0t=1005=2a = \frac{V_f – V_0}{t} = \frac{10 – 0}{5} = 2 m/s²

Kesimpulan dan Penutup

Dalam artikel ini, kami telah menjelaskan tentang pemecahan masalah dalam konteks pertanyaan dan jawaban untuk materi dasar. Memahami konsep dasar dari pertanyaan adalah langkah awal yang penting dalam menyelesaikan masalah dalam berbagai pelajaran. Dengan terus berlatih dan memahami konsep-konsep dasar, diharapkan pembaca dapat lebih percaya diri dalam menghadapi berbagai pertanyaan di sekolah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *