kumparan primer sebuah transformator memiliki 70 lilitan. tegangan primernya 220 volt. jika transformatornya digunakan untuk menaikkan tegangan menjadi 1100 volt. kumparan sekundernya harus mempunyai……. lilitan

Pendahuluan dan Konteks

Pemecahan masalah dalam semua pelajaran di sekolah adalah aspek yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Salah satu contoh materi dasar yang seringkali menjadi tantangan bagi siswa adalah pemahaman tentang transformator. Transformator adalah alat yang digunakan untuk mengubah tegangan listrik dari suatu nilai ke nilai lainnya. Dalam pelajaran fisika, seringkali siswa dihadapkan pada masalah yang melibatkan perhitungan jumlah lilitan kumparan sekunder transformator untuk mencapai tegangan yang diinginkan. Artikel ini akan membahas contoh soal transformator beserta penyelesaiannya untuk memudahkan pemahaman siswa.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara menghitung jumlah lilitan kumparan sekunder transformator berdasarkan tegangan yang diinginkan. Pembahasan akan memberikan langkah-langkah yang sistematis dalam menyelesaikan masalah transformator sehingga siswa dapat menguasai konsep ini dengan baik.

Materi Dasar: Perhitungan Jumlah Lilitan Kumparan Sekunder Transformator

Jawaban

Dalam soal ini, kita diberikan informasi tentang jumlah lilitan kumparan primer (Np), tegangan primer (Vp), dan tegangan sekunder yang diinginkan (Vs). Untuk menghitung jumlah lilitan kumparan sekunder (Ns), kita dapat menggunakan rumus dasar transformator:

VpVs=NpNs\frac{Vp}{Vs} = \frac{Np}{Ns}

Dengan menggunakan rumus di atas, kita dapat menyelesaikan soal sebagai berikut:

Diketahui:
Np=70Np = 70
Vp=220 voltVp = 220 \text{ volt}
Vs=1100 voltVs = 1100 \text{ volt}

Ditanya: NsNs ?

Penyelesaian:
VpVs=NpNs\frac{Vp}{Vs} = \frac{Np}{Ns}
2201100=70Ns\frac{220}{1100} = \frac{70}{Ns}
0,2=70Ns0,2 = \frac{70}{Ns}
Ns=700,2Ns = \frac{70}{0,2}
Ns=350Ns = 350

Contoh Materi:

  1. Pertanyaan: Sebuah transformator memiliki 100 lilitan pada kumparan primer dan tegangan primer sebesar 440 volt. Jika tegangan sekunder yang diinginkan adalah 2200 volt, berapakah jumlah lilitan kumparan sekundernya?
    Jawaban: Ns=500Ns = 500

  2. Pertanyaan: Transformator dengan 50 lilitan pada kumparan primer memiliki tegangan primer sebesar 220 volt. Jika tegangan sekunder yang diinginkan adalah 110 volt, berapa jumlah lilitan kumparan sekundernya?
    Jawaban: Ns=10Ns = 10

Kesimpulan dan Penutup

Dengan memahami langkah-langkah perhitungan yang tepat, siswa diharapkan dapat dengan mudah menyelesaikan masalah terkait transformator dalam pembelajaran fisika. Pemahaman yang baik tentang konsep ini akan membantu siswa dalam menerapkan prinsip-prinsip dasar fisika dalam kehidupan sehari-hari serta mempersiapkan mereka untuk memecahkan masalah yang lebih kompleks di masa depan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *