Laboraturium fisika di suatu sekolah mempunyai pegas yang berkonstanta 200 N/m. Agar memiliki energi potensial 4 joule, pegas tersebut harus diregangkan sejauh … mplisss bantu yaa

Pendahuluan dan Konteks:

Pemecahan masalah merupakan salah satu keterampilan penting yang harus dikuasai dalam proses pembelajaran di sekolah. Setiap mata pelajaran sering kali menuntut siswa untuk menghadapi berbagai masalah yang memerlukan pemecahan, termasuk dalam pelajaran fisika. Dalam konteks ini, kita akan membahas sebuah masalah dasar dalam fisika yang melibatkan energi potensial pada pegas.

Tujuan Pembahasan:

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami untuk menyelesaikan masalah terkait energi potensial pada pegas. Dengan memahami langkah-langkah yang benar dalam menyelesaikan masalah ini, diharapkan siswa dapat menguasai konsep energi potensial pada pegas dengan baik.

Pembahasan Materi Dasar:

Diberikan rumus energi potensial pada pegas:
Ep=12ky2Ep = \frac{1}{2} k y^2

Kita diminta untuk mencari jarak pegas yang diregangkan (yy) agar memiliki energi potensial sebesar 4 joule. Diketahui konstanta pegas (kk) adalah 200 N/m.

Langkah 1: Substitusikan nilai energi potensial (EpEp) yang diketahui ke dalam rumus energi potensial pada pegas.
4=12×200×y24 = \frac{1}{2} \times 200 \times y^2

Langkah 2: Selesaikan persamaan untuk mencari nilai yy.
y2=4100=0.04y^2 = \frac{4}{100} = 0.04

Langkah 3: Ambil akar kuadrat dari kedua sisi persamaan.
y=0.04=0.2my = \sqrt{0.04} = 0.2 \, \text{m}

Jadi, pegas tersebut harus diregangkan sejauh 0.2 meter agar memiliki energi potensial sebesar 4 joule.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya:

  1. Pertanyaan:
    Sebuah pegas dengan konstanta pegas 300 N/m memiliki energi potensial sebesar 9 joule. Berapakah jarak pegas yang diregangkan?

    Jawaban:
    Langkah-langkah penyelesaian masalah akan sama dengan contoh sebelumnya. Substitusikan nilai kk, EpEp, dan ikuti langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

  2. Pertanyaan:
    Laboratorium fisika memiliki pegas dengan konstanta pegas 150 N/m. Agar memiliki energi potensial 6 joule, berapa besar energi potensial yang harus disimpan dalam pegas tersebut?

    Jawaban:
    Dalam hal ini, kita perlu memodifikasi langkah-langkah yang telah diberikan untuk mencari nilai energi potensial (EpEp) yang harus disimpan dalam pegas. Substitusikan nilai kk dan yy yang diketahui ke dalam rumus energi potensial pada pegas dan cari nilai EpEp.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *