Lampu merah menyala setiap 10 menit sekali . Lampu hijau menyala setiap 12 menit sekali dan lampu merah menyala setiap 15 menit sekali. Pada pukul 10.00 ketiga lampu menyala bersama-sama . pada pukul berapa ketiga lampu akan menyala bersama-sama? 

Pendahuluan dan Konteks

Pemecahan masalah adalah keterampilan yang sangat penting bagi siswa di semua tingkatan pendidikan. Setiap mata pelajaran sering kali memerlukan kemampuan siswa dalam memecahkan masalah, baik itu matematika, ilmu pengetahuan, bahasa, atau seni. Dalam artikel ini, kita akan membahas bagaimana konsep pemecahan masalah dapat diterapkan dalam berbagai materi pelajaran di sekolah. Salah satu contoh konkret yang akan kita bahas adalah mengenai pertanyaan yang melibatkan waktu dan lampu lalu lintas.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari artikel ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dimengerti bagi siswa dalam memecahkan masalah terkait dengan materi dasar di sekolah. Kita akan membahas secara rinci pertanyaan yang sering muncul, serta memberikan jawaban yang lengkap dan mudah dimengerti bagi siswa.

Materi Dasar:

Pertanyaan:
Lampu merah menyala setiap 10 menit sekali. Lampu hijau menyala setiap 12 menit sekali dan lampu merah menyala setiap 15 menit sekali. Pada pukul 10.00 ketiga lampu menyala bersama-sama. Pada pukul berapa ketiga lampu akan menyala bersama-sama?

Jawaban:
KPK dari 10, 12, dan 15 adalah 60. Pada pukul 10.00 ketiga lampu menyala bersama-sama. Karena KPK adalah 60, maka setelah 60 menit atau 1 jam, siklus akan berulang. Jadi, lampu-lampu akan menyala bersama-sama lagi pada pukul 11.00.

Penjelasan Jawaban:

Dalam menjawab pertanyaan tersebut, kita perlu mencari Kelipatan Persekutuan Terkecil (KPK) dari interval waktu masing-masing lampu. Setelah menemukan KPK, kita mengetahui bahwa setelah satu siklus waktu (60 menit atau 1 jam), lampu-lampu akan kembali menyala bersama-sama. Oleh karena itu, pada pukul 10.00 ketiga lampu menyala bersama-sama, dan setelah satu jam berlalu, yaitu pada pukul 11.00, ketiga lampu akan kembali menyala bersama-sama.

Contoh Pertanyaan dan Jawaban:

Pertanyaan 1:
Diketahui bahwa suatu barang dijual dengan harga Rp 150.000,00 dan mendapatkan diskon 10%. Berapakah harga barang setelah didiskon?

Jawaban 1:
Harga barang setelah diskon adalah 90% dari harga asli. Jadi, harga setelah diskon = 90% dari Rp 150.000,00 = Rp 135.000,00.

Pertanyaan 2:
Sebuah kolam memiliki panjang 4 meter, lebar 3 meter, dan kedalaman 2 meter. Berapa volume air yang dapat ditampung oleh kolam tersebut?

Jawaban 2:
Volume kolam = panjang x lebar x kedalaman = 4 m x 3 m x 2 m = 24 meter kubik.

Kesimpulan dan Penutup

Pemecahan masalah adalah keterampilan yang esensial dalam pendidikan. Dengan memahami konsep dasar dan mampu menerapkannya dalam berbagai konteks, siswa dapat meningkatkan kemampuan pemecahan masalah mereka. Semoga artikel ini membantu siswa memahami bagaimana memecahkan masalah terkait dengan materi dasar di sekolah dengan lebih baik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *