manakah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok berikut yang benar?a.volume diturunkan dari besaran pokok luasb.berat diturunkan dari besaran pokok massac.luas diturunkan dari besaran pokok panjangd.massa jenis diturunkan dari besaran pokook assa dan volume

Pendahuluan dan Konteks

Artikel ini akan membahas tentang pentingnya pemecahan masalah dalam semua pelajaran di sekolah, dengan fokus pada pertanyaan dan jawaban yang sering muncul dalam materi dasar. Bagian ini juga akan membahas pertanyaan yang umumnya berkaitan dengan materi dasar, seperti yang akan kita bahas dalam contoh kasus tentang besaran turunan dari besaran pokok.

Tujuan Pembahasan

Tujuan utama dari artikel ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami bagi pembaca dalam memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam materi dasar, khususnya berkaitan dengan besaran turunan dari besaran pokok. Dengan memberikan penjelasan yang terperinci dan contoh yang relevan, diharapkan pembaca dapat meningkatkan pemahaman mereka terhadap konsep-konsep dasar dalam bidang tersebut.

Materi Dasar: Pertanyaan dan Jawaban

Pertanyaan: Manakah besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok berikut yang benar?

Jawaban:
[FISIKA]
=> c. luas diturunkan dari besaran pokok panjang

PEMBAHASAN

  • Besaran adalah segala sesuatu yang dapat diukur berdasarkan besaran dan satuannya. Satuan digunakan sebagai pembanding dalam pengukuran. Hasil pengukuran besaran dinyatakan dalam bentuk satuan.

~Besaran terbagi menjadi 2 yaitu besaran skalar dan besaran vektor.

Besaran skalar: Besaran yang hanya memiliki nilai tanpa arah, contohnya massa, luas, kelajuan, dll.

Besaran vektor: Besaran yang memiliki nilai dan arah, contohnya momentum, kecepatan, berat, dll.

~Besaran terbagi berdasarkan satuannya menjadi besaran pokok dan besaran turunan.

Besaran pokok: Besaran yang satuan sudah ditentukan terlebih dahulu dan tidak diturunkan dari besaran lain. Besaran pokok terdiri atas 7, di antaranya adalah panjang, massa, waktu, suhu, dll.

Besaran turunan: Besaran yang satuan diturunkan dari besaran pokok.

PENYELESAIAN

Opsi A = Rumus Volume => m³ => dimensi volume – [L]³ => Volume merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang.

Opsi B = Rumus Berat => m × g => dimensi berat – [M] [L] [T]⁻² => Berat merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok massa dari massa, panjang dan waktu dari gaya gravitasi.

Opsi C = Rumus Luas => m² => dimensi luas – [L]² => Luas merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok panjang.

Opsi D = Rumus Massa Jenis => m/v => dimensi massa jenis – [M][L]⁻³ => Massa jenis merupakan besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok massa dari massa, dan panjang dari volume.

KESIMPULAN

Berdasarkan penjelasan di atas, besaran turunan yang diturunkan dari besaran pokok yang benar adalah Opsi C, yaitu luas diturunkan dari besaran pokok panjang.

DETAIL JAWABAN
Mapel : Fisika
Kelas : 7 (SMP)
Materi : 1 – Besaran dan pengukurannya
Kata kunci : Besaran Turunan, Besaran Pokok, Berat, Volume, Luas, Massa Jenis
Kode soal : 6
Kode kategorisasi : 7.6.1


PELAJARI LEBIH LANJUT:

DETAIL JAWABAN

Kesimpulan dan Penutup

Dalam pembelajaran materi dasar, pemahaman konsep-konsep dasar seperti besaran pokok dan besaran turunan sangatlah penting. Dengan memahami pertanyaan-pertanyaan yang muncul serta memberikan jawaban yang tepat, diharapkan siswa dapat meningkatkan kemampuan mereka dalam memecahkan masalah dan memahami konsep-konsep dasar dalam bidang fisika. Semoga artikel ini bermanfaat bagi pembaca dalam meningkatkan pemahaman mereka terhadap materi dasar yang sering dihadapi di sekolah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *