satu set kartu bridge dikocok dan diambil satu secara acak. percobaan dilakukan sebanyak 65 kali, maka frekuensi harapan terambilnya kartu As adalah……kalia. 5b. 7c. 13d. 15

Pendahuluan dan Konteks:

Dalam proses pembelajaran di sekolah, siswa sering dihadapkan pada berbagai jenis masalah matematika yang memerlukan pemecahan. Salah satu aspek penting dari pembelajaran matematika adalah pemahaman tentang konsep peluang dan penerapannya dalam situasi dunia nyata. Salah satu masalah yang sering muncul adalah terkait dengan pengambilan kartu dari sebuah set kartu bridge. Dalam artikel ini, kita akan membahas cara menghitung frekuensi harapan terjadinya suatu kejadian dalam serangkaian percobaan, khususnya terkait dengan pengambilan kartu As dari satu set kartu bridge.

Tujuan Pembahasan:

Tujuan dari artikel ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara menghitung frekuensi harapan terjadinya suatu kejadian dalam serangkaian percobaan, menggunakan contoh konkret tentang pengambilan kartu As dari satu set kartu bridge. Penjelasan yang disajikan akan membantu siswa memahami konsep peluang dan penerapannya dalam konteks pengambilan kartu secara acak, serta memberikan kemampuan untuk menyelesaikan masalah matematika yang berkaitan dengan hal tersebut.

Materi Dasar:

Pertanyaan:
Satu set kartu bridge dikocok dan diambil satu secara acak. Percobaan dilakukan sebanyak 65 kali, maka frekuensi harapan terambilnya kartu As adalah…

Jawaban:
Dalam satu set kartu bridge, terdapat total 52 kartu. Diketahui bahwa dalam setiap set kartu bridge terdapat 4 kartu As. Untuk menghitung peluang terambilnya satu kartu As dari satu set kartu bridge, kita bisa menggunakan rumus peluang yang sederhana, yaitu:

Peluang=Jumlah Kartu AsTotal Kartu\text{Peluang} = \frac{\text{Jumlah Kartu As}}{\text{Total Kartu}}

Substitusi nilai yang telah diketahui:

Peluang=452\text{Peluang} = \frac{4}{52}

Untuk menghitung frekuensi harapan terambilnya kartu As dalam 65 percobaan, kita dapat menggunakan rumus frekuensi harapan:

Frekuensi Harapan=Peluang×Jumlah Percobaan\text{Frekuensi Harapan} = \text{Peluang} \times \text{Jumlah Percobaan}

Frekuensi Harapan=452×65=5\text{Frekuensi Harapan} = \frac{4}{52} \times 65 = 5

Jadi, frekuensi harapan terambilnya kartu As adalah 5 kali dalam 65 percobaan.

Contoh Materi Lain:

Pertanyaan: Dari sebuah set kartu bridge, satu kartu diambil secara acak. Tentukan peluang terambilnya kartu hati.

Jawaban: Dalam sebuah set kartu bridge, terdapat total 52 kartu. Diketahui bahwa dari 52 kartu, 13 di antaranya adalah kartu hati. Jadi, peluang terambilnya satu kartu hati dari satu set kartu bridge adalah 1352=14\frac{13}{52} = \frac{1}{4}.

Kesimpulan dan Penutup:

Dengan pemahaman yang baik tentang konsep peluang, siswa dapat dengan mudah menyelesaikan berbagai masalah matematika yang melibatkan pengambilan kartu dari sebuah set kartu bridge. Artikel ini memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara menghitung frekuensi harapan terjadinya suatu kejadian dalam serangkaian percobaan, serta memberikan contoh konkret untuk mengilustrasikan konsep tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat dalam meningkatkan pemahaman siswa tentang matematika dan penerapannya dalam kehidupan sehari-hari.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *