Sebuah aula yang baru selesai dibangun akan dipasangi lantai keramikberbentuk persegi. Ukuran aula adalah panjang 33 meter dan lebar 24meter. Ukuran terbesar keramik yang mungkin digunakan untuk menutuplantai aula tersebut tanpa mengubah/memotong ukuran keramik adalah …

Pendahuluan dan Konteks

Dalam dunia pendidikan, pemahaman konsep matematika menjadi hal yang penting bagi siswa untuk menyelesaikan berbagai masalah sehari-hari. Salah satu bidang matematika yang seringkali diterapkan dalam kehidupan sehari-hari adalah konsep pemfaktoran persegi. Artikel ini akan membahas penerapan konsep pemfaktoran persegi dalam menyelesaikan masalah pemasangan lantai keramik pada sebuah aula baru. Pertanyaan yang diajukan adalah mengenai ukuran terbesar keramik yang mungkin digunakan untuk menutupi aula tersebut tanpa mengubah atau memotong ukuran keramik.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami bagi pembaca dalam menyelesaikan masalah pemasangan lantai keramik dengan menggunakan konsep pemfaktoran persegi. Pembahasan akan memberikan penjelasan tentang bagaimana mengidentifikasi ukuran terbesar keramik yang dapat digunakan tanpa perlu mengubah atau memotong ukuran keramik tersebut.

Materi Dasar:

Pertanyaan:
Sebuah aula yang baru selesai dibangun akan dipasangi lantai keramik berbentuk persegi. Ukuran aula adalah panjang 33 meter dan lebar 24 meter. Ukuran terbesar keramik yang mungkin digunakan untuk menutup lantai aula tersebut tanpa mengubah/memotong ukuran keramik adalah …

Jawaban:
Ukuran keramik yang akan digunakan harus merupakan faktor persegi dari kedua panjang dan lebar aula. Dalam kasus ini, panjang aula adalah 33 meter dan lebarnya adalah 24 meter. Kita perlu mencari faktor persegi terbesar dari kedua angka ini, yang juga disebut sebagai faktor persekutuan terbesar (FPB).

Penjelasan Jawaban:

Dalam kasus ini, faktor persegi terbesar dari 33 dan 24 adalah 3, karena 3 adalah FPB dari kedua angka tersebut. Oleh karena itu, ukuran terbesar keramik yang dapat digunakan untuk menutupi lantai aula tanpa memotong atau mengubah ukurannya adalah 3 meter x 3 meter.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya:

Pertanyaan 1:
Sebuah lapangan sepak bola memiliki panjang 100 meter dan lebar 70 meter. Berapakah ukuran terbesar karpet rumput yang mungkin digunakan untuk menutup lapangan tersebut tanpa mengubah ukuran karpet?

Jawaban 1:
Ukuran terbesar karpet rumput yang dapat digunakan adalah 10 meter x 10 meter, karena 10 meter adalah faktor persegi terbesar dari panjang (100 meter) dan lebar (70 meter) lapangan.

Pertanyaan 2:
Sebuah ruangan memiliki panjang 12 meter dan lebar 9 meter. Berapakah ukuran terbesar ubin keramik yang mungkin digunakan untuk menutup ruangan tersebut tanpa memotong ubin?

Jawaban 2:
Ukuran terbesar ubin keramik yang dapat digunakan adalah 3 meter x 3 meter, karena 3 meter adalah faktor persegi terbesar dari panjang (12 meter) dan lebar (9 meter) ruangan.

Kesimpulan dan Penutup

Dengan memahami konsep pemfaktoran persegi, kita dapat dengan mudah menyelesaikan masalah pemasangan lantai keramik atau benda-benda lainnya tanpa harus memotong atau mengubah ukurannya. Dengan panduan yang diberikan dalam artikel ini, diharapkan pembaca dapat mengaplikasikan konsep ini dalam pemecahan masalah sehari-hari dengan lebih baik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *