sebuah ba mandi mempunyai panjang 1 meter,lebar 80 cm dan tinggi 6 dm.Tiga perempat bagian berisi air.volume air dalam bak tersebut adalah…….liter

Pendahuluan dan Konteks

Pemecahan masalah dalam pelajaran di sekolah merupakan suatu proses penting yang melibatkan penerapan konsep dan keterampilan yang dipelajari dalam berbagai mata pelajaran. Salah satu aspek yang sering kali membutuhkan pemecahan masalah adalah dalam menghadapi soal matematika. Pemahaman terhadap konsep matematika dan kemampuan dalam menerapkan rumus dan metode perhitungan menjadi kunci untuk menyelesaikan berbagai masalah matematika yang dihadapi oleh siswa di sekolah.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara menyelesaikan soal matematika, khususnya dalam hal menghitung volume dan kapasitas suatu objek. Melalui contoh kasus yang diberikan, diharapkan pembaca dapat memahami langkah-langkah yang diperlukan untuk menyelesaikan masalah matematika tersebut dengan tepat dan akurat.

Pertanyaan dan Jawaban Materi Dasar

Pertanyaan:
Sebuah bak mandi memiliki panjang 1 meter, lebar 80 cm, dan tinggi 6 dm. Tiga perempat bagian berisi air. Volume air dalam bak tersebut adalah … liter.

Jawaban:
1 meter = 10 dm
80 cm = 8 dm
6 dm = 6 dm

Volume (V) = panjang × lebar × tinggi
= 10 dm × 8 dm × 6 dm
= 480 dm^3
= 480 liter

Penjelasan Jawaban:
Dalam menjawab pertanyaan tersebut, langkah pertama adalah mengubah semua satuan ukuran ke dalam satuan yang sama, dalam hal ini desimeter (dm). Setelah itu, volume bak mandi dihitung dengan mengalikan panjang, lebar, dan tingginya. Hasilnya kemudian dikonversi ke dalam liter karena volume air umumnya diukur dalam liter.

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Lainnya:

Pertanyaan 1:
Sebuah kolam renang berbentuk persegi panjang memiliki panjang 12 meter, lebar 8 meter, dan kedalaman 2 meter. Berapa volume air yang dibutuhkan untuk mengisi kolam tersebut?

Jawaban 1:
Volume (V) = panjang × lebar × kedalaman
= 12 m × 8 m × 2 m
= 192 m^3
= 192.000 liter

Pertanyaan 2:
Sebuah tangki air berbentuk tabung memiliki jari-jari 50 cm dan tinggi 2 meter. Berapa volume air yang dapat ditampung oleh tangki tersebut?

Jawaban 2:
Volume (V) = π × r^2 × tinggi
= π × (0,5 m)^2 × 2 m
= π × 0,25 m^2 × 2 m
= 1 m^3 × 2 m
= 2 m^3
≈ 2.000 liter

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *