sebuah bak mandi mempunyai panjang 1 meter,lebar 80 cm dan tinggi 6 dm.tiga perempat bagian berisi air.volume air dalam bak tersebut adalah

Pendahuluan dan Konteks

Dalam belajar di sekolah, siswa sering dihadapkan pada berbagai permasalahan yang memerlukan pemecahan. Tak terkecuali dalam mata pelajaran matematika, di mana siswa harus mampu memahami dan mengaplikasikan konsep serta rumus matematika untuk menyelesaikan masalah yang diberikan. Dalam konteks ini, kita akan membahas satu contoh soal matematika mengenai penghitungan volume sebuah bak mandi berdasarkan ukurannya.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara menyelesaikan soal matematika yang berkaitan dengan volume, menggunakan contoh kasus konkret. Melalui langkah-langkah yang disajikan, diharapkan pembaca dapat memahami cara-cara untuk menyelesaikan masalah matematika serupa dengan tepat dan efisien.

Pertanyaan dan Jawaban Materi Dasar

Pertanyaan:
Sebuah bak mandi memiliki panjang 1 meter, lebar 80 cm, dan tinggi 6 dm. Tiga perempat bagian berisi air. Volume air dalam bak tersebut adalah …

Jawaban:
Diketahui:
Panjang = 1 m = 10 dm
Lebar = 80 cm = 8 dm
Tinggi = 6 dm
Tiga perempat bagian terisi dengan air

Ditanyakan:
Volume terisi = ?

Jawab:
Volume = panjang × lebar × tinggi × 3/4
Volume = 10 dm × 8 dm × 6 dm × 3/4
Volume = 360 dm³

Penjelasan Jawaban:
Dalam menjawab pertanyaan tersebut, pertama-tama kita mengonversi semua ukuran panjang dan lebar ke dalam satuan yang sama, yaitu desimeter (dm). Kemudian, volume bak mandi dihitung dengan mengalikan panjang, lebar, dan tingginya, lalu dikalikan dengan fraksi 3/4 karena tiga perempat bagian bak terisi dengan air. Hasil perhitungan adalah volume air dalam bak mandi, yang diekspresikan dalam satuan kubik desimeter (dm³).

Contoh Pertanyaan dan Jawaban Lainnya:

Pertanyaan 1:
Sebuah kolam berbentuk silinder memiliki jari-jari alas 4 meter dan tinggi 3 meter. Berapa volume air yang dapat ditampung oleh kolam tersebut?

Jawaban 1:
Diketahui:
Jari-jari (r) = 4 meter
Tinggi (t) = 3 meter

Ditanyakan:
Volume kolam = ?

Jawab:
Volume = π × r² × t
Volume = π × (4 m)² × 3 m
Volume = π × 16 m² × 3 m
Volume ≈ 150,72 m³

Pertanyaan 2:
Sebuah wadah berbentuk kubus memiliki panjang sisi 10 cm. Berapa volume air yang dapat ditampung oleh wadah tersebut?

Jawaban 2:
Diketahui:
Panjang sisi (s) = 10 cm

Ditanyakan:
Volume wadah = ?

Jawab:
Volume = s³
Volume = (10 cm)³
Volume = 1000 cm³

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *