sebuah batu diikat tali sepanjang 0,5 m kemudian diputar mendatar …. jika batu melakukan 10 putaran selama 5 sekon ,periode batu tersebut adalah?. terimakasih

Pendahuluan dan Konteks:

Dalam proses pembelajaran di sekolah, pemecahan masalah adalah keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai di semua mata pelajaran. Termasuk dalam pemecahan masalah adalah kemampuan untuk menerapkan konsep dan rumus yang diperlukan untuk menyelesaikan pertanyaan yang diberikan. Dalam hal ini, kita akan membahas tentang pemecahan masalah terkait dengan pergerakan melingkar dan penggunaan rumus-rumus yang berkaitan.

Tujuan Pembahasan:

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami mengenai cara menyelesaikan pertanyaan terkait pergerakan melingkar dan menghitung periode suatu benda yang berputar. Dengan demikian, siswa akan dapat memahami konsep tersebut dengan lebih baik dan mampu mengaplikasikannya dalam konteks yang berbeda.

Pembahasan Materi Dasar:

Dalam pertanyaan yang diberikan, kita diminta untuk menentukan periode batu yang berputar dalam gerakan melingkar. Periode adalah waktu yang diperlukan oleh benda untuk melakukan satu putaran lengkap. Rumus yang digunakan untuk menghitung periode adalah:

T=1fT = \frac{1}{f}

Dimana TT adalah periode (dalam satuan waktu) dan ff adalah frekuensi (dalam satuan Hz atau putaran per detik). Frekuensi, dalam konteks ini, adalah jumlah putaran benda dalam satu satuan waktu.

Dari pertanyaan, kita diberikan informasi bahwa batu melakukan 10 putaran selama 5 detik. Dengan demikian, frekuensi ( ff ) batu adalah:

f=nt=105=2Hzf = \frac{n}{t} = \frac{10}{5} = 2 \, \text{Hz}

Setelah kita memiliki nilai frekuensi, kita dapat menghitung periode ( TT ) menggunakan rumus di atas:

T=12=0.5sT = \frac{1}{2} = 0.5 \, \text{s}

Jadi, periode batu tersebut adalah 0.5 detik.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya:

  1. Pertanyaan:
    Sebuah roda berputar dengan frekuensi 4 Hz. Berapa periode roda tersebut?

    Jawaban:
    f=4Hzf = 4 \, \text{Hz}
    T=14=0.25sT = \frac{1}{4} = 0.25 \, \text{s}

  2. Pertanyaan:
    Sebuah kipas berputar 60 kali dalam satu menit. Berapakah frekuensi kipas tersebut?

    Jawaban:
    n=60n = 60 putaran, t=60t = 60 detik
    f=6060=1Hzf = \frac{60}{60} = 1 \, \text{Hz}

Kesimpulan dan Penutup:

Dalam pemecahan masalah di sekolah, pemahaman terhadap konsep pergerakan melingkar dan penggunaan rumus yang sesuai sangatlah penting. Dengan memahami konsep frekuensi dan periode, siswa akan dapat menyelesaikan berbagai macam pertanyaan yang berkaitan dengan pergerakan melingkar dengan lebih baik. Semoga pembahasan ini membantu siswa dalam memahami konsep tersebut dengan lebih baik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *