Sebuah mobil bergerak dengan kelajuan 144km/jam. Jika kelajuan tersebut dikonversikan ke satuan internasional (SI) besarnya adalah……m/s

Pendahuluan dan Konteks:

Dalam proses pembelajaran di sekolah, siswa sering dihadapkan pada berbagai macam masalah yang memerlukan pemecahan, terutama dalam memahami dan menerapkan konsep-konsep dasar dalam berbagai mata pelajaran. Salah satu materi dasar yang sering diajarkan adalah tentang konversi satuan, yang memiliki relevansi dalam pemahaman konsep fisika, matematika, dan ilmu lainnya. Dalam konteks ini, kita akan membahas tentang konversi kelajuan dari satuan kilometer per jam (km/jam) ke satuan internasional (SI) meter per detik (m/s).

Tujuan Pembahasan:

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara mengkonversi kelajuan dari satuan kilometer per jam ke satuan internasional meter per detik. Dengan pemahaman yang baik tentang langkah-langkah konversi ini, diharapkan siswa dapat dengan mudah menyelesaikan masalah yang melibatkan konversi satuan kelajuan.

Jawaban:

Dalam melakukan konversi kelajuan dari satuan kilometer per jam (km/jam) ke satuan internasional meter per detik (m/s), kita menggunakan konsep dasar bahwa 1 kilometer sama dengan 1000 meter dan 1 jam sama dengan 3600 detik. Berikut langkah-langkahnya:

  1. Pertama, kita konversi kelajuan dari km/jam ke meter per jam dengan mengalikan dengan 1000 (karena 1 km = 1000 m).
    144km/jam×1000m/km=144000m/jam144 \, \text{km/jam} \times 1000 \, \text{m/km} = 144000 \, \text{m/jam}

  2. Selanjutnya, kita konversi kelajuan dari meter per jam ke meter per detik dengan membagi dengan 3600 (karena 1 jam = 3600 detik).
    144000m/jam3600s/jam=40m/s\frac{144000 \, \text{m/jam}}{3600 \, \text{s/jam}} = 40 \, \text{m/s}

Jadi, kelajuan mobil tersebut dalam satuan internasional (SI) adalah 40 meter per detik.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya:

  1. Pertanyaan: Seorang pesepeda bergerak dengan kecepatan 20 km/jam. Hitunglah kecepatan pesepeda tersebut dalam satuan meter per detik!
    Jawaban: Lakukan konversi kecepatan dari km/jam ke m/s dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

  2. Pertanyaan: Sebuah pesawat terbang dengan kecepatan 900 km/jam. Berapa kecepatan pesawat tersebut dalam satuan meter per detik?
    Jawaban: Lakukan konversi kecepatan dari km/jam ke m/s dengan langkah-langkah yang telah dijelaskan sebelumnya.

Kesimpulan dan Penutup:

Dalam proses pembelajaran, pemahaman konsep dasar konversi satuan sangatlah penting, terutama dalam memahami materi yang melibatkan perhitungan kelajuan. Dengan mengikuti langkah-langkah konversi yang benar, siswa dapat dengan mudah menyelesaikan berbagai masalah yang melibatkan konversi satuan. Semoga artikel ini bermanfaat dalam memahami konsep dasar konversi satuan kelajuan.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *