sebuah rumah berlangganan listrik dari PLN pada rumah tersebut dipasang 2 lampu TL 40 watt dan menyala selama 5 jam setiap hari, 1 lampu TL 10 watt menyala 11 jam setiap hari, dan 1 lampu pijar 5 watt menyala 10 jam setiap hari. sebuah televisi 80 watt menyala 10 jam setiap hari dan setrika listrik 300 watt digunakkan seminggu 2 kali (setiap digunakan 2jam). apabila harga energi listrik untuk 20 kWh pertama Rp 705,00 per kWhdan untuk 20 kWh berikutnya Rp 710 per kWh . berapa biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan untuk membayar tagihan listrik ? (1 bulan 30 hari= 4 minggu

Pendahuluan dan Konteks

Pemecahan masalah adalah keterampilan krusial yang harus dikuasai di semua pelajaran di sekolah. Setiap materi pelajaran sering kali memerlukan pemecahan masalah untuk mengaplikasikan konsep yang telah dipelajari dalam situasi nyata. Dalam konteks ini, penting untuk memahami bagaimana menerapkan konsep-konsep yang dipelajari dalam kehidupan sehari-hari, termasuk dalam memecahkan masalah terkait listrik, energi, dan pengeluaran tagihan bulanan.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara menghitung biaya tagihan listrik bulanan berdasarkan penggunaan perangkat listrik dalam sebuah rumah. Dengan demikian, pembaca dapat memahami dengan lebih baik bagaimana menerapkan konsep energi listrik dan menghitung biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan.

Materi Dasar: Perhitungan Tagihan Listrik Bulanan

Pertanyaan dan Jawaban:

Pertanyaan: Sebuah rumah berlangganan listrik dari PLN dengan rincian penggunaan perangkat sebagai berikut:

  • 2 lampu TL 40 watt yang menyala selama 5 jam setiap hari
  • 1 lampu TL 10 watt yang menyala selama 11 jam setiap hari
  • 1 lampu pijar 5 watt yang menyala selama 10 jam setiap hari
  • 1 televisi 80 watt yang menyala selama 10 jam setiap hari
  • 1 setrika listrik 300 watt yang digunakan 2 jam setiap kali, dua kali seminggu

Jika harga energi listrik adalah Rp 705,00 per kWh untuk 20 kWh pertama dan Rp 710,00 per kWh untuk 20 kWh berikutnya, berapa biaya yang harus dikeluarkan setiap bulan untuk membayar tagihan listrik? (1 bulan = 30 hari = 4 minggu)

Jawaban: Kelihatan kan?? maaf agak blur. Pake webcam soalnya 🙂

Penjelasan Jawaban

Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menghitung total konsumsi energi listrik per bulan untuk setiap perangkat yang digunakan, kemudian mengalikan dengan harga per kWh yang berlaku. Setelah itu, total biaya tagihan listrik dapat dihitung dengan menjumlahkan biaya dari setiap perangkat.

Contoh Materi Lain

Contoh 1:
Pertanyaan: Sebuah restoran menggunakan 3 mesin pendingin udara berdaya 1200 watt, 5 jam setiap hari, dan 10 lampu neon berdaya 20 watt yang menyala selama 8 jam setiap hari. Berapa biaya listrik yang harus dibayar restoran setiap bulannya?

Jawaban: Untuk menjawab pertanyaan ini, kita perlu menghitung total konsumsi energi listrik dari mesin pendingin udara dan lampu neon, kemudian mengalikannya dengan harga energi listrik per kWh.

Contoh 2:
Pertanyaan: Seorang siswa menggunakan komputer berdaya 200 watt selama 4 jam setiap hari untuk belajar online dan lampu tidur LED berdaya 5 watt yang menyala selama 6 jam setiap malam. Berapa biaya listrik yang harus dibayar siswa setiap bulannya?

Jawaban: Kita dapat menghitung total konsumsi energi listrik dari komputer dan lampu tidur LED, kemudian mengalikannya dengan harga energi listrik per kWh untuk menentukan biaya tagihan listrik bulanan.

Kesimpulan dan Penutup

Pemahaman tentang konsumsi energi listrik dan perhitungan biaya tagihan listrik bulanan merupakan bagian penting dari pemecahan masalah sehari-hari. Dengan memahami konsep ini, kita dapat mengelola penggunaan listrik dengan lebih efisien dan meminimalkan biaya tagihan bulanan. Semoga artikel ini dapat memberikan panduan yang bermanfaat dalam menghitung biaya tagihan listrik bulanan dengan lebih baik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *