Seutas dawai panjangnya 90 cm bergetar dengan nada atas pertama berfrekuensi 300 Hz. Cepat rambat gelombang pada dawai adalah ….A.270 m/sB.300 m/sC.330 m/sD.360 m/sE.390 m/s

Pendahuluan dan Konteks

Pemecahan masalah merupakan aspek penting dalam pembelajaran di sekolah, terutama dalam memahami konsep-konsep yang diajarkan dalam berbagai mata pelajaran. Siswa sering dihadapkan pada pertanyaan atau soal-soal yang memerlukan pemecahan masalah untuk mencapai pemahaman yang lebih baik. Oleh karena itu, penting bagi siswa untuk memiliki keterampilan dalam mengatasi masalah-masalah tersebut agar dapat berhasil dalam pembelajaran.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami bagi siswa dalam mengatasi masalah-masalah yang muncul dalam berbagai materi pelajaran di sekolah. Panduan ini akan disertai dengan contoh jawaban yang baik dan penjelasan rinci untuk membantu siswa memahami konsep-konsep yang sulit.

Materi Dasar

Pertanyaan:
Seutas dawai panjangnya 90 cm bergetar dengan nada atas pertama berfrekuensi 300 Hz. Cepat rambat gelombang pada dawai adalah ….
A. 270 m/s
B. 300 m/s
C. 330 m/s
D. 360 m/s
E. 390 m/s

Jawaban:
Nih aku jawab yahh ….
300 x 0,9 m = 270

Penjelasan Jawaban:
Dalam soal ini, kita diminta untuk mencari cepat rambat gelombang pada sebuah dawai yang bergetar dengan frekuensi tertentu. Cepat rambat gelombang dapat dihitung dengan rumus:
v=f×λv = f \times \lambda
Dimana:
vv = cepat rambat gelombang
ff = frekuensi gelombang
λ\lambda = panjang gelombang
Diketahui bahwa frekuensi gelombang f=300f = 300 Hz dan panjang dawai λ=0,9\lambda = 0,9 m (90 cm). Substitusi nilai-nilai tersebut ke dalam rumus akan menghasilkan:
v=300×0,9v = 300 \times 0,9
v=270v = 270
Jadi, cepat rambat gelombang pada dawai tersebut adalah 270 m/s.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya

Pertanyaan 1:
Seorang pedagang memiliki 30 buah apel. Jika dia menjual 20% dari jumlah apel yang dimilikinya, berapa banyak apel yang tersisa?

Jawaban 1:
20% dari 30 = 0,2 x 30 = 6 apel
Jumlah apel yang tersisa = 30 – 6 = 24 apel

Pertanyaan 2:
Sebuah kotak berbentuk kubus memiliki panjang sisi 5 cm. Berapa volume kotak tersebut?

Jawaban 2:
Volume kubus = sisi x sisi x sisi
Volume kubus = 5cm×5cm×5cm5 \, \text{cm} \times 5 \, \text{cm} \times 5 \, \text{cm}
Volume kubus = 125cm3125 \, \text{cm}^3

Kesimpulan dan Penutup

Pemecahan masalah merupakan keterampilan yang penting bagi siswa dalam memahami materi pelajaran di sekolah. Dengan panduan yang jelas dan contoh jawaban yang baik, diharapkan siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam mengatasi masalah-masalah yang muncul dalam pembelajaran. Oleh karena itu, penting bagi guru untuk memberikan bimbingan yang memadai agar siswa dapat berhasil dalam mengatasi berbagai masalah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *