Suatu bangunan dapat diselesaikan dalam waktu 49 hari dengan 14 pekerja. Setelah bekerja 16 hari, perkerjaan itu terhenti selama 12 hari. berapa banyak pekerja tambahan yang diperlukanuntuk dapat menyelesaikan bangunan tepat pada waktunya (Brikan caranya)

Pendahuluan dan Konteks

Dalam konteks pembelajaran di sekolah, pemecahan masalah merupakan keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai. Hal ini tidak hanya berlaku dalam pelajaran matematika atau ilmu pengetahuan, tetapi juga dalam semua mata pelajaran. Pemecahan masalah melibatkan kemampuan untuk mengidentifikasi, menganalisis, dan menyelesaikan masalah dengan menggunakan berbagai strategi dan keterampilan yang relevan. Oleh karena itu, memahami bagaimana cara menghadapi pertanyaan-pertanyaan materi dasar dan menyelesaikannya dengan baik adalah kunci keberhasilan dalam belajar di sekolah.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara menyelesaikan pertanyaan materi dasar sehubungan dengan pemecahan masalah di sekolah. Artikel ini akan membahas pertanyaan yang umumnya muncul dalam konteks pembelajaran di kelas dan memberikan solusi yang tepat dengan langkah-langkah yang terperinci.

Materi Dasar

Pertanyaan: Suatu bangunan dapat diselesaikan dalam waktu 49 hari dengan 14 pekerja. Setelah bekerja 16 hari, pekerjaan itu terhenti selama 12 hari. Berapa banyak pekerja tambahan yang diperlukan untuk dapat menyelesaikan bangunan tepat pada waktunya? (Berikan caranya)

Jawaban: Jawaban dan penyelesaian terdapat di lampiran.

Penjelasan Jawaban

Dalam pertanyaan ini, langkah-langkah penyelesaian dapat diuraikan sebagai berikut:

  1. Pertama, kita tentukan jumlah pekerja yang diperlukan untuk menyelesaikan pekerjaan dalam waktu 49 hari dengan 14 pekerja.
  2. Kemudian, kita hitung jumlah pekerjaan yang sudah dilakukan setelah 16 hari.
  3. Setelah itu, kita tentukan berapa banyak pekerjaan yang masih perlu dilakukan setelah 12 hari terhenti.
  4. Selanjutnya, kita hitung jumlah pekerja tambahan yang diperlukan agar pekerjaan dapat diselesaikan tepat pada waktunya.

Dengan mengikuti langkah-langkah tersebut, kita dapat mencari solusi yang tepat untuk pertanyaan tersebut.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya

Pertanyaan 1: Sebuah kolam memiliki bentuk persegi dengan panjang sisi 8 meter. Berapa luasnya?

Jawaban 1: Luas kolam dapat dihitung dengan mengalikan panjang sisi dengan lebar sisi. Jadi, luasnya adalah 8 meter x 8 meter = 64 meter persegi.

Pertanyaan 2: Sebuah toko menjual sepatu dengan harga Rp 250.000 per pasang. Jika seseorang membeli 3 pasang sepatu, berapa total harga yang harus dibayarkan?

Jawaban 2: Total harga yang harus dibayarkan adalah harga per pasang sepatu dikalikan dengan jumlah pasang yang dibeli. Jadi, total harganya adalah Rp 250.000 x 3 = Rp 750.000.

Kesimpulan dan Penutup

Pemecahan masalah adalah keterampilan yang sangat penting dalam semua mata pelajaran di sekolah. Dengan memahami cara menyelesaikan pertanyaan-pertanyaan materi dasar dengan baik, siswa dapat mengembangkan kemampuan mereka dalam pemecahan masalah dan meningkatkan prestasi akademis mereka secara keseluruhan. Dengan demikian, artikel ini diharapkan dapat memberikan panduan yang berguna bagi para pembaca dalam menghadapi berbagai pertanyaan materi dasar di sekolah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *