suatu gelombang berjalan mempunyai persamaan y = 0,04 sin (100t – 12x), dengan y dan x dalam meter dan t dalam sekon. waktu untuk menempuh satu panjang gelombang adalah…

Pendahuluan dan Konteks:

Dalam proses belajar di sekolah, siswa sering dihadapkan pada berbagai masalah yang membutuhkan pemecahan menggunakan konsep-konsep dari berbagai mata pelajaran. Salah satu materi dasar yang seringkali menjadi perhatian adalah gelombang, yang merupakan konsep penting dalam fisika. Pemahaman tentang gelombang memungkinkan siswa untuk menganalisis berbagai fenomena alam dan aplikasi teknologi modern. Dalam konteks ini, kita akan membahas sebuah pertanyaan tentang waktu yang diperlukan untuk menempuh satu panjang gelombang, yang merupakan konsep dasar dalam gelombang.

Tujuan Pembahasan:

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara menyelesaikan pertanyaan yang melibatkan waktu yang diperlukan untuk menempuh satu panjang gelombang. Langkah-langkahnya akan dijelaskan secara rinci untuk memahamkan siswa tentang konsep gelombang dan bagaimana menerapkannya dalam menyelesaikan masalah.

Materi Dasar:

Pertanyaan:
Suatu gelombang berjalan mempunyai persamaan y=0.04sin(100t12x)y = 0.04 \sin(100t – 12x), dengan yy dan xx dalam meter dan tt dalam sekon. Waktu untuk menempuh satu panjang gelombang adalah…

Jawaban:

Diketahui:
y=0.04sin(100t12x)y = 0.04 \sin(100t – 12x)

Ditanya: Waktu untuk menempuh satu panjang gelombang (periode = TT)

Jawab:

Kita memiliki persamaan gelombang umum y=Asin(wtkx)y = A \sin(wt – kx), di mana AA adalah amplitudo, ww adalah frekuensi angular, dan kk adalah bilangan gelombang.

Dari persamaan yang diberikan, kita dapat mengidentifikasi:
A=0.04mA = 0.04 \, \text{m}
w=100rad/sw = 100 \, \text{rad/s}
k=12k = 12

Frekuensi angular ww dapat dihitung menggunakan rumus w=2πfw = 2\pi f, di mana ff adalah frekuensi gelombang.
100=2πf100 = 2\pi f
f=1002πf = \frac{100}{2\pi}

Selanjutnya, periode TT (waktu yang dibutuhkan untuk satu panjang gelombang) adalah kebalikan dari frekuensi, yaitu T=1fT = \frac{1}{f}.
T=11002πT = \frac{1}{\frac{100}{2\pi}}
T=π50sekonT = \frac{\pi}{50} \, \text{sekon}

Penjelasan Jawaban:

Dalam jawaban ini, kita mengidentifikasi nilai amplitudo (AA), frekuensi angular (ww), dan bilangan gelombang (kk) dari persamaan gelombang yang diberikan. Kemudian, kita menggunakan rumus untuk menghitung frekuensi gelombang dan mengubahnya menjadi periode, yang merupakan waktu yang diperlukan untuk satu panjang gelombang.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya:

Pertanyaan 1:
Suatu gelombang berjalan mempunyai persamaan y=0.02sin(200t8x)y = 0.02 \sin(200t – 8x), dengan yy dan xx dalam meter dan tt dalam sekon. Waktu untuk menempuh satu panjang gelombang adalah…

Jawaban 1:
T=π100sekonT = \frac{\pi}{100} \, \text{sekon}

Pertanyaan 2:
Suatu gelombang berjalan mempunyai persamaan y=0.06sin(150t15x)y = 0.06 \sin(150t – 15x), dengan yy dan xx dalam meter dan tt dalam sekon. Waktu untuk menempuh satu panjang gelombang adalah…

Jawaban 2:
T=π75sekonT = \frac{\pi}{75} \, \text{sekon}

Kesimpulan dan Penutup:

Dengan memahami konsep dasar gelombang dan cara menerapkannya dalam pemecahan masalah, siswa dapat dengan lebih baik memahami fenomena gelombang dan aplikasinya dalam kehidupan sehari-hari. Kemampuan untuk menyelesaikan masalah terkait gelombang adalah langkah penting dalam pengembangan pemahaman konsep fisika yang lebih luas.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *