teman teman tolong bantu saya please1.      sebuah kotak berisi 3 bola warna merah. 4 kuning, dan 2 biru. jika diambil bola secara acak, hitunglah peluang bahwa bola merah maksimal muncul 2 kali2.      Dalam suatu pengamatan, terdapat 5 responden usi remaja, 4 responden usia dewasa, dan 3 responden usia manulaa.      ada berapa cara untuk memilih 2 orang responden berdasarkan kelompok usia yang berbedab.     ada berapa cara untuk mendapatkan salah satu dari ketiga kelompok usia responden di atasc.      apabila dipilih 3 orang responden secara acak, tentukan peluan terpilihnya seorang responden usia remaja dan dua lainnya responden usia dewasa3.      dari sepuluh orang responden terpilih terdapat 3 orang yang memberikan jawaban tidak lengkapa.      dengan berapa carakan seorang peneliti dapat memilih 4 orang responden apabila 2 diantaranya tidak memberikan jawaban secara lengkapb.     hitung peluang banyaknya responden yang mengisi pertanyaan dengan lengkap tidak kurang dari 2 orang jika dari 10 diambil 5 orang responden4.      apabila Adan B dua kejadian yang saling lepas dengan P(A) = 0,3 dan P(B) = 0,5 Hitunglah P(Ac ∩ B)5.      suatu kotak berisi 5 bola merah, 3 putih dan 3 biru. Apabila di ambil 3 buah bola secara acaktanpa dikembalikan, maka hitunglah peluang untuk mendapatkansatu bola merah dan dua bola biru6.      seorang pemborong hendak membangun 9 buah rumah dengan rancangan berbeda satu sama lainnya. Denganberapa carakah pemborong tersebut dapat menempatkan ke-9 rumah tadi apabila 6 buah rumah di bangun di lokasi A dan sisanya di lokasi B

Pendahuluan dan Konteks:

Dalam pembelajaran di sekolah, matematika seringkali menjadi subjek yang menantang bagi banyak siswa. Salah satu area yang memerlukan pemahaman yang baik adalah pemecahan masalah. Artikel ini akan membahas beberapa pertanyaan matematika yang melibatkan konsep probabilitas dan kombinatorik. Konsep-konsep ini penting untuk dikuasai karena seringkali digunakan dalam situasi kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembahasan:

Tujuan dari artikel ini adalah memberikan panduan yang jelas dalam memahami dan menyelesaikan berbagai pertanyaan matematika yang melibatkan probabilitas dan kombinatorik. Pembahasan akan mencakup langkah-langkah perhitungan yang tepat dan penjelasan singkat mengenai konsep yang terlibat.

Pembahasan Materi Dasar:

  1. Pertanyaan:
    Sebuah kotak berisi 3 bola warna merah, 4 kuning, dan 2 biru. Jika diambil bola secara acak, hitunglah peluang bahwa bola merah maksimal muncul 2 kali.

    Jawaban:
    Langkah pertama adalah menghitung jumlah ruang sampel, yaitu total kemungkinan kombinasi mengambil 2 bola dari kotak tersebut. Kemudian, dihitung jumlah kombinasi yang menghasilkan bola merah maksimal 2 kali. Hasilnya adalah peluang yang dicari.

  2. Pertanyaan:
    Dalam suatu pengamatan, terdapat 5 responden usia remaja, 4 responden usia dewasa, dan 3 responden usia manula. Ada berapa cara untuk memilih 2 orang responden berdasarkan kelompok usia yang berbeda.

    Jawaban:
    Pertanyaan ini melibatkan konsep kombinasi dari berbagai kelompok usia. Langkah-langkah perhitungannya akan disertakan untuk menjelaskan cara mendapatkan jumlah cara yang diminta.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawabannya:

  1. Pertanyaan:
    “Dalam sebuah wadah terdapat 6 kelereng merah, 5 kelereng kuning, dan 4 kelereng hijau. Berapa peluang untuk mengambil satu kelereng merah dan dua kelereng hijau secara acak tanpa pengembalian?”

    Jawaban:
    Langkah-langkah perhitungannya akan serupa dengan contoh pertama, namun dengan data yang berbeda.

  2. Pertanyaan:
    “Sebuah kotak berisi 8 koin, 4 koin 50 sen dan 4 koin 100 sen. Jika 3 koin diambil secara acak tanpa pengembalian, berapa peluang untuk mendapatkan dua koin 50 sen dan satu koin 100 sen?”

    Jawaban:
    Pertanyaan ini melibatkan kombinasi koin dari dua nilai yang berbeda, sehingga langkah-langkah perhitungannya akan berbeda dari contoh sebelumnya.

Kesimpulan dan Penutup:

Dengan memahami konsep probabilitas dan kombinatorik serta mampu mengaplikasikannya dalam situasi nyata, siswa akan dapat menguasai berbagai pertanyaan matematika yang seringkali muncul dalam ujian dan tes lainnya. Artikel ini diharapkan dapat membantu siswa dalam memahami konsep-konsep tersebut dengan lebih baik.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *