tujuh penjabat tinggi dari 7 negara berbaris untuk di foto. jika salah satu pejabat di daulat untuk selalu menempati posisi tengah, maka banyak formasi barisan yang mungkin adalah a. 120b. 240c. 720d. 1.440e. 5.040 

Pendahuluan dan Konteks:

Dalam pembelajaran di sekolah, seringkali siswa dihadapkan pada berbagai masalah yang memerlukan penerapan konsep-konsep matematika. Salah satu materi dasar yang sering ditemui adalah tentang permutasi dan kombinasi. Pertanyaan tentang berapa banyak formasi barisan yang mungkin adalah salah satu contoh penerapan konsep ini. Dalam artikel ini, kita akan membahas pertanyaan tersebut dan memberikan jawaban yang jelas dan terperinci.

Tujuan Pembahasan:

Tujuan dari pembahasan ini adalah memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami tentang cara menyelesaikan pertanyaan mengenai permutasi dan kombinasi. Kita akan menyajikan jawaban yang terstruktur dan langkah-langkah yang diperlukan untuk mencapainya, sehingga siswa dapat memahami konsep ini dengan lebih baik.

Materi Dasar:

Pertanyaan:
Tujuh penjabat tinggi dari 7 negara berbaris untuk difoto. Jika salah satu pejabat di daulat untuk selalu menempati posisi tengah, maka banyak formasi barisan yang mungkin adalah…

Jawaban:

Jika salah satu pejabat selalu duduk di tengah, maka sisa 6 orang akan mengisi posisi lainnya. Untuk menentukan berapa banyak formasi barisan yang mungkin, kita dapat menggunakan konsep permutasi.

Dalam hal ini, kita perlu mengatur 6 orang dalam barisan. Jumlah cara untuk melakukan ini adalah:

6×5×4×3×2×1=7206 \times 5 \times 4 \times 3 \times 2 \times 1 = 720

Jadi, banyak formasi barisan yang mungkin adalah 720.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawaban:

  1. Pertanyaan:
    Sebuah kelompok terdiri dari 5 siswa akan dipilih untuk mengikuti sebuah lomba. Berapa banyak cara yang mungkin untuk memilih kelompok tersebut jika setiap siswa harus dipilih?

    Jawaban:
    Jumlah cara untuk memilih kelompok 5 siswa dari 5 siswa adalah 5×4×3×2×1=1205 \times 4 \times 3 \times 2 \times 1 = 120.

  2. Pertanyaan:
    Sebuah tim sepak bola terdiri dari 11 pemain. Berapa banyak cara yang mungkin untuk mengatur posisi pemain dalam formasi awal?

    Jawaban:
    Jumlah cara untuk mengatur posisi 11 pemain dalam formasi awal adalah 11×10×9×...×111 \times 10 \times 9 \times … \times 1, yang merupakan permutasi dari 11 pemain.

Kesimpulan dan Penutup:

Dengan memahami konsep permutasi dan kombinasi, siswa dapat menyelesaikan berbagai masalah yang melibatkan pengaturan, pemilihan, atau pengelompokan objek. Dalam artikel ini, kita telah membahas cara menyelesaikan pertanyaan tentang berapa banyak formasi barisan yang mungkin dengan menggunakan konsep permutasi. Dengan memahami langkah-langkah yang diperlukan, siswa diharapkan dapat mengaplikasikan konsep ini dalam berbagai situasi di kehidupan sehari-hari dan dalam pemecahan masalah matematika.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *