umur ayah , ibu , dan anaknya 123 . umur ayah adalah 2 kali umur anaknya . jika umur ibu adalah 48 tahun berapakah umur ayah dan anak tersebut?

Pendahuluan dan Konteks

Dalam pembelajaran di sekolah, pemecahan masalah menjadi keterampilan yang sangat penting untuk dikuasai oleh siswa di semua mata pelajaran. Termasuk dalam pelajaran matematika, pemecahan masalah melibatkan pemahaman terhadap konsep dan kemampuan untuk mengaplikasikan konsep tersebut dalam situasi yang nyata. Dalam artikel ini, kami akan membahas sebuah pertanyaan matematika yang melibatkan pemecahan masalah usia antara anggota keluarga, yang menunjukkan bagaimana konsep matematika dapat diterapkan dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Tujuan Pembahasan

Tujuan dari pembahasan ini adalah untuk memberikan panduan yang jelas dan mudah dipahami mengenai cara memecahkan masalah matematika yang melibatkan usia anggota keluarga. Dengan menjelaskan langkah-langkah secara rinci, diharapkan pembaca akan lebih memahami bagaimana menerapkan konsep matematika untuk menyelesaikan masalah semacam ini.

Materi Dasar

Pertanyaan:
Umur ayah, ibu, dan anaknya total 123 tahun. Umur ayah adalah dua kali umur anaknya. Jika umur ibu adalah 48 tahun, berapakah umur ayah dan anak tersebut?

Jawaban:
Misalkan:
Umur ayah = x
Umur ibu = y
Umur anak = z

Diketahui:

  1. Umur ayah adalah dua kali umur anak: x=2zx = 2z
  2. Umur ibu adalah 48 tahun: y=48y = 48
  3. Total umur ketiganya adalah 123 tahun: x+y+z=123x + y + z = 123

Langkah-langkah:

  1. Substitusikan nilai xx dan yy ke dalam persamaan total umur:
    2z+48+z=1232z + 48 + z = 123
  2. Selesaikan persamaan tersebut untuk mencari nilai zz, umur anak.
    3z+48=1233z + 48 = 123
    3z=123483z = 123 – 48
    3z=753z = 75
    z=753=25z = \frac{75}{3} = 25

Setelah menemukan umur anak (zz), kita dapat menentukan umur ayah (xx) menggunakan persamaan x=2zx = 2z:
x=2×25=50x = 2 \times 25 = 50

Jawab:
Jadi, umur ayah adalah 50 tahun dan umur anaknya adalah 25 tahun.

Contoh 1:
Pertanyaan: Jika umur seorang ayah adalah 45 tahun, ibu adalah 40 tahun, dan total umur mereka bersama adalah 100 tahun, berapakah umur anaknya?
Jawaban: Dengan menggunakan pendekatan serupa seperti di atas, kita dapat menentukan umur anak dengan mengurangkan total umur ayah dan ibu dari 100 tahun.

Contoh 2:
Pertanyaan: Jika umur seorang ayah adalah dua kali umur anaknya, dan total umur mereka berdua adalah 90 tahun, berapakah umur masing-masing?
Jawaban: Dengan menggunakan persamaan yang sama seperti dalam pertanyaan utama, kita dapat menyelesaikan masalah ini dengan menggantikan nilai yang diberikan dalam persamaan total umur.

Kesimpulan dan Penutup

Pemecahan masalah matematika yang melibatkan usia anggota keluarga merupakan contoh yang baik tentang bagaimana konsep matematika dapat diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Dengan memahami langkah-langkah yang tepat, siswa dapat mengembangkan keterampilan dalam memecahkan masalah sejenis ini dengan lebih percaya diri.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *