uud 1945 pada masa orde baru (sebelum perubahan uud 1945 ) menganut sistem pemerintaha ………..TOLONG YA … YANG TAU PLEASE

Pendahuluan dan Konteks

Dalam dunia pendidikan, seringkali kita dihadapkan pada tantangan untuk memahami dan memecahkan masalah-masalah yang kompleks, terutama dalam hal pembelajaran di sekolah. Salah satu aspek yang menjadi fokus utama adalah bagaimana mengatasi hambatan-hambatan yang muncul dalam pemahaman materi dasar. Artikel ini akan membahas pendekatan yang tepat untuk menangani masalah tersebut, dengan memberikan panduan dan jawaban yang jelas serta mudah dipahami.

Tujuan Pembahasan

Tujuan utama dari pembahasan ini adalah untuk memberikan panduan yang komprehensif dalam memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam materi dasar. Melalui penjelasan yang terperinci dan mudah dipahami, diharapkan pembaca dapat mengatasi kesulitan dalam memahami konsep-konsep dasar yang diajarkan di sekolah.

Materi Dasar

Pertanyaan:
UU Dasar 1945 pada masa Orde Baru (sebelum perubahan UUD 1945) menganut sistem pemerintahan apa?

Jawaban:
Sistem pemerintahan yang dianut adalah sistem Parlementer.

Penjelasan Jawaban

Sistem pemerintahan Parlementer adalah sebuah sistem di mana kekuasaan eksekutif terletak pada badan legislatif atau parlemen. Dalam konteks Indonesia, pada masa Orde Baru sebelum perubahan UUD 1945, negara mengadopsi sistem Parlementer di mana Presiden merupakan kepala negara dan perdana menteri dipilih oleh parlemen sebagai kepala pemerintahan.

Penerapan sistem Parlementer ini memiliki beberapa ciri khas, di antaranya adalah:

  • Kekuasaan eksekutif tergantung pada dukungan mayoritas di parlemen.
  • Presiden sebagai kepala negara memiliki peran seremonial yang kuat, sedangkan perdana menteri bertanggung jawab atas kebijakan pemerintahan sehari-hari.
  • Kabinet dibentuk oleh perdana menteri dari partai mayoritas di parlemen.
  • Jika pemerintah kehilangan kepercayaan di parlemen, maka bisa terjadi pergantian kepemimpinan tanpa perlu adanya pemilihan umum.

Contoh Materi Pertanyaan dan Jawaban

Pertanyaan:
Apakah yang dimaksud dengan hak prerogatif presiden dalam sistem pemerintahan presidensial?

Jawaban:
Hak prerogatif presiden merujuk pada hak-hak atau kekuasaan khusus yang dimiliki oleh presiden dalam sistem pemerintahan presidensial. Ini termasuk kekuasaan untuk menjalankan kebijakan luar negeri, mengangkat pejabat tinggi negara, memberi grasi, dan memimpin kekuatan bersenjata.

Pertanyaan:
Apa perbedaan utama antara sistem pemerintahan parlementer dan presidensial?

Jawaban:
Perbedaan utama antara kedua sistem pemerintahan ini terletak pada penempatan kekuasaan eksekutif. Dalam sistem parlementer, kekuasaan eksekutif terletak pada parlemen, sedangkan dalam sistem presidensial, kekuasaan eksekutif terpisah dan independen dari badan legislatif.

Kesimpulan dan Penutup

Dalam memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam materi dasar, penting untuk memahami konsep-konsep dasar yang terkait. Dengan penjelasan yang jelas dan mudah dipahami, diharapkan pembaca dapat mengatasi kesulitan dalam memahami dan menjawab pertanyaan-pertanyaan yang muncul dalam proses pembelajaran. Semoga artikel ini bermanfaat untuk meningkatkan pemahaman dan keterampilan dalam memecahkan masalah dalam pembelajaran di sekolah.

Similar Posts

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *